The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hindari Mandi Berlama-lama Tiap Hari, Ada Efek Negatifnya untuk Kulit
Ilustrasi orang mandi. (Freepik)
Beauty

Hindari Mandi Berlama-lama Tiap Hari, Ada Efek Negatifnya untuk Kulit

Sabtu, 08 Mei 2021 09:36 WIB 08 Mei 2021, 09:36 WIB

INDOZONE.ID - Sebagian orang mungkin menganggap mandi dengan durasi yang singkat tidak bersih sehingga kerap berlama-lama membersihkan diri.

Namun, dokter kecantikan Inggris Rekha Tailor dari Health & Aesthetics mengatakan mandi berlama-lama setiap hari bisa berdampak negatif pada kulit. 

Dilansir Express, sang dokter mengatakan mandi dalam waktu yang lama dapat menghilangkan minyak alami dan mempengaruhi bakteri alami yang tumbuh di sana untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, jika bakteri alami tubuh hilang, dapat menyebabkan masalah seperti kulit bisa menjadi kering, teriritasi, atau gatal.

Kulit yang kering dan pecah-pecah memungkinkan bakteri dan alergen untuk memecahkan penghalang yang seharusnya disediakan oleh kulit, sehingga memungkinkan terjadinya infeksi kulit dan reaksi alergi.

Menurut Tailor, sebaiknya durasi mandi singkat saja dan beberapa ahli menyarankan bahwa 5 menit sudah cukup lama. 

"Meskipun tidak ada frekuensi yang ideal (untuk mandi), para ahli menyarankan bahwa mandi beberapa kali seminggu sudah cukup bagi kebanyakan orang," lapor Harvard Health. 

Mereka juga mengatakan bahwa jarang mandi juga membuat kulit lebih baik, kecuali jika tubuh kotor dan berkeringat. 

Pasalnya, produk yang digunakan saat mandi dapat merusak pertahanan alami kulit seperti minyak alami yang membantu kulit beregenerasi sehingga kelembapan dan hidrasinya tetap terjaga.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Laila Rahmi Batubara

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US