The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Vaksin Booster Jadi Modal untuk Capai Akhiri Pandemi COVID-19
Ilustrasi vaksinasi. (FREEPIK/tirachardz)
Health

Vaksin Booster Jadi Modal untuk Capai Akhiri Pandemi COVID-19

Anjuran WHO.

Rabu, 05 Oktober 2022 12:30 WIB 05 Oktober 2022, 12:30 WIB

INDOZONE.ID - Belakangan perbincangan mengenai akhir pandemi ramai diperbincangkan. Hal ini berawal dari pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) beberapa waktu yang lalu.

Menurut Epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman, menurutnya untuk mencapai akhir pandemi, vaksinasi jadi salah satu modal.

Baca juga: Infeksi COVID-19 Indonesia Kembali Meningkat, Hari Ini Tambah 1.851 Kasus Baru

"Akhir pandemi semakin optimis akan kita capai, apalagi ada modal vaksinasi tiga dosis," ujar Dicky, dikutip dari Antara.

Menurut dia, Indonesia harus terus berupaya untuk meningkatkan cakupan vaksinasi tiga dosis agar imunitas tubuh meningkat.

Dia juga menegaskan bahwa pemerintah harus mengupayakan 90 persen penduduk sudah menerima vaksin COVID-19 agar kekebalan kelompok terbentuk sehingga memberikan perlindungan tidak langsung atau kekebalan kelompok bagi mereka yang tidak kebal terhadap penyakit menular tersebut.

Baca juga: Tanda Hilangnya Pandemi COVID-19 Mulai Terlihat, Ini Persiapan Kemenkes Menuju Endemi

"Akhir pandemi semakin dekat seiring dengan menurunnya kasus secara global. Namun, bila dibandingkan flu, angka COVID-19 masih 3-4 kali lebih tinggi, angka kematian juga masih cukup tinggi, ini harus kita sadari," tuturnya.

Meski akhir pandemi sudah terlihat, namun belum mencapai garis akhir pandemi sehingga masyarakat harus konsisten untuk mencegah potensi timbulnya varian baru yang dapat mengubah keadaan, salah satunya melalui vaksinasi.

"Fakta yang terjadi saat ini, COVID-19 masih ada dan bergejala, masih sangat serius pada orang yang rawan seperti komorbid, lansia, dan orang yang belum di booster. Dan kematian masih bisa terjadi pada kelompok rawan itu," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina Agustina
Fitri
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US