The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

9 Cara Menaikkan Tensi Darah Rendah Secara Alami dan Aman, Terapkan!
Ilustrasi tekanan darah rendah (freepik.com)
Health

9 Cara Menaikkan Tensi Darah Rendah Secara Alami dan Aman, Terapkan!

Tekanan darah terlalu rendah dapat menimbulkan masalah

Senin, 08 Agustus 2022 16:51 WIB 08 Agustus 2022, 16:51 WIB

INDOZONE.ID - Ketika hasil tensi darah berada di bawah angka 90/60 mmHg, hal tersebut menunjukan bahwa tekanan darah rendah

Tekanan darah rendah biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Namun, yang umum terjadi diantaranya seperti kekurangan gizi, kehamilan, obat-obatan, infeksi parah, reaksi alergi, penurunan volume darah, hingga masalah hati. 

Pada beberapa orang, tekanan darah rendah dapat menjadi indikator kesehatan yang baik dan termasuk normal bagi tubuhnya ketika tidak mengalami gejala apapun, namun pada sebagian orang tekanan darah rendah dapat menyebabkan masalah. 

Lantas, bagaimana cara menaikkan tensi darah rendah yang aman dan alami? Kamu bisa menyimak ulasan berikut ini. Namun, sebelum itu baik untuk mengetahui gejala darah rendah. 

Gejala Darah Rendah 

cara menaikkan tensi darah
Ilustrasi darah rendah (freepik.com)

Ketika tekanan darah rendah, berbagai hal, seperti gejala-gejala yang akan mengganggu keseharian akan menyertai tubuhmu. Gejala darah rendah tersebut seperti pusing, lemas, pandangan kabur, bingung, sulit berkonsentrasi, mual, hingga kelelahan. 

Tak hanya itu, gejala yang nyata pada orang yang memiliki tekanan darah rendah adalah ketika berdiri secara cepat dari duduk akan mudah pusing dan serasa ingin pingsan. 

Dalam kasus yang lebih ekstrim, tekanan darah rendah dapat menyebabkan syok. Syok adalah keadaan darurat medis serius yang disebabkan oleh berkurangnya aliran darah ke seluruh tubuh. Ini dapat merusak organ pada tingkat sel.

Cara Menaikkan Tensi Darah Rendah 

cara menaikkan tensi darah
Ilustrasi olahraga untuk menaikkan tensi darah (freepik.com)

Tekanan darah normal umumnya berada di angka 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg. Ketika di bawah angka tersebut akan membuat penderitanya tidak nyaman. Untuk itu, beberapa cara menaikkan tensi darah rendah secara alami ini dapat kamu lakukan, seperti dilansir dari Medical News Today.

1. Makan garam 

Diet rendah sodium tidak baik untuk semua orang, apalgi dengan masalah tekanan darah. Seseorang yang memiliki tensi darah rendah dapat mempertimbangkan untuk mengonsumsi asupan yang memiliki kandungan natrium secara moderat yang dapat membantu meningkatkan tekanan darah

2. Hindari konsumsi alkohol 

Pada dasarnya, alkohol dapat menurunkan tekanan darah lebih lanjut. Hal ini karena alkohol mudah membuat seseorang dehidrasi dan akan menimbulkan interaksi pada obat yang sedang dikonsumsi. Oleh karenanya, hindari konsumsi alkohol. 

3. Duduk sila 

Dengan menerapkan duduk bersila, kamu turut menjalani cara menaikkan tensi darah rendah. Ini karena menyilangkan kaki dapat membantu meningkatkan tekanan darah dengan sedikit usaha.

4. Konsumsi air putih 

Cara menaikkan tensi darah rendah juga dapat dilakukan dengan cara ini, yaitu mengonsumsi air putih untuk menghilangkan dehidrasi dan meningkatkan volume darah. 

5. Nyemil

Ketika kamu makan-makanan lebih kecil atau nyemil, maka tekanan darah kamu akan dapat berangsur naik. Hal ini terjadi karena makanan ringan dapat membantu mencegah penurunan tekanan darah yang terkait dengan makan makanan yang lebih besar dan lebih berat.

6. Hindari mengubah posisi mendadak 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ketika kamu berdiri atau merubah posisi secara mendadak, rasa pusing berputar akan dirasakan. Ini karena tekanan darah kamu rendah. Jantung pun akan ikut memompa darah ke seluruh tubuh dengan cepat, dan akan membuat tubuh menjadi syok. 

7. Pakai stoking kompresi 

Stoking kompresi merupakan kaus kaki kompresi yang memberikan tekanan lembut pada kaki untuk memindahkan darah ke jantung. stoking kompresi digunakan untuk mencegah darah terkumpul pada pembuluh darah vena yang ada di kakimu. Jadi, jumlah darah yang tersangkut di tungkai bawah dan kaki akan pindahkan ke tempat lain.

8. Dikusi obat dengan dokter

Cara menaikkan tensi darah rendah selanjutnya adalah dengan diskusikan obat dengan dokter. Tekanan darah rendah dapat menjadi efek samping konsumsi obat. 

Jika gejala tekanan darah rendah dimulai setelah memulai pengobatan, maka kamu harus mendiskusikan gejalanya dengan dokter.

9. Olahraga teratur 

Berolahraga secara teratur dapat melancarkan aliran darah di tubuh, sehingga bisa menjadi salah satu cara mengatasinya. Ini dilakukan untuk mengatur tekanan darah agar terus berada di angka normal, jadi aliran darah yang lancar. 

Tanda Kamu Harus ke Dokter 

cara menaikkan tensi darah
Dokter memeriksa tekanan darah (freepik.com)

Pada dasarnya, tekanan darah rendah hanya menjadi masalah jika kamu mengalaminya dengan gejala yang cukup parah. Salah satu tandanya adalah syok yang terjadi secara jelas. 

Dalam hal ini, syok yang dimaksud ialah mudah pusing, nadi lemah, hingga pingsan. Oleh karenanya, jika hal ini terjadi segera konsultasikan diri ke dokter. 

Selain ke dokter, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk menerapkan beberapa tips lainnya, seperti 

Itulah beberapa hal mengenai cara menaikkan tensi darah rendah secara alami dan aman. 

Ketika cara-cara alami di atas tidak memberikan respon baik, kamu dapat mencoba untuk tidak mengangkat beban berat, tidak berdiri di satu tempat untuk waktu yang lama, mengangkat kepala tempat tidur mereka, menghindari kontak yang terlalu lama dengan air panas, minum lebih banyak cairan saat berolahraga atau di hari yang panas. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Ainal Zahra Nabila

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US