3 Latihan Sederhana Perbaiki Postur Tubuh akibat Duduk Terlalu Lama
Ilustrasi gerakan sederhana untuk memperbaiki postur tubuh (Pixabay)
Health

3 Latihan Sederhana Perbaiki Postur Tubuh akibat Duduk Terlalu Lama

Minggu, 26 April 2020 13:07 WIB 26 April 2020, 13:07 WIB

INDOZONE.ID - Pandemi virus corona (COVID-19) belakangan ini membuat sebagian besar orang mengisolasi diri secara mandiri dengan bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Selama menjalani sistem WFH, banyak orang cenderung terlalu banyak duduk. Kondisi ini pun nyatanya dapat memberi dampak buruk bagi kesehatan dalam jangka panjang, terutama terkait postur tubuh.

Pelatih bersertifikat asal Amerika Serikat, Charlee Atkins memiliki rekomendasi gerakan sederhana untuk memperbaiki postur tubuh. Gerakan ini hanya membutuhkan waktu selama 45 detik dengan waktu istirahat 15 detik.

Dalam praktiknya, kamu tidak memerlukan peralatan khusus dan cukup menyediakan beberapa barang rumah tangga sehari-hari.

Melansir Medical Daily, berikut ini adalah tiga latihan sederhana memperbaiki postur tubuh akibat duduk terlalu lama yang bisa kamu coba di rumah:

1. Gerakan Row

Gerakan row berfokus untuk memperbaiki postur tubuh dan otot inti. Cara melakukannya, kencangkan dada seperti halnya berjalan keluar dari gym.

Kemudian, berdiri tegak dalam posisi kaki terbuka selebar bahu. Angkat sepasang beban tepat di atas kepala. Turunkan beban perlahan menjauh dari bahu dan telinga.

2. Latihan Y-Raises dan T-Raises

Y-Raises dan T-Raises adalah dua tipe latihan pemanasan yang bisa dilakukan di rumah. Untuk gerakannya, berbaringlah tengkurap di atas lantai. Pastikan posisi tangan sejajar dengan telinga.

Lalu, bentuk tubuh kamu seperti huruf Y atau T dengan tangan mengarah ke atas. Selama beberapa kali, tarik perlahan tangan yang masih tetap lurus sedikit ke atas.

3. Gerakan Around the World

Latihan sederhana memperbaiki postur tubuh berikutnya diberi nama 'Around the World'. Praktik gerakan ini tidaklah sulit.'

Kamu hanya perlu duduk berhadapan dengan pasangan, lalu luruskan kaki dan tempelkan kaki kamu ke kaki pasangan.

Setelah itu, angkat kaki ke atas dan lakukan gerakan memutar beberapa kali. Dalam latihan ini, kamu juga bisa mengubah arah gerakan.


Itulah latihan dasar untuk memperbaiki postur tubuh akibat duduk terlalu lama yang bisa dicoba selama WFH. Semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
Rizka
Kana

Kana

Editor
Rizka

Rizka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU