The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Virus Corona Belum Hilang, Ini yang Harus Dilakukan saat New Normal
Ilustrasi wanita memakai masker. (Pexels/Anna Shvets)
Health

Virus Corona Belum Hilang, Ini yang Harus Dilakukan saat New Normal

Jangan anggap sepele.

Rabu, 03 Juni 2020 14:32 WIB 03 Juni 2020, 14:32 WIB

INDOZONE.ID - Pandemi Covid-19 telah mengubah pola aktivitas masyarakat sehari-hari. Setelah hampir 3 bulan sebagian besar masyarakat berada di rumah saja untuk mengendalikan penyebaran virus corona baru atau SARS-CoV-2, kini mulai banyak yang bersiap menghadapi new normal atau adaptasi kehidupan baru.

Di fase new normal masyarakat akan kembali beraktivitas seperti semula namun harus mengikuti sejumlah protokol kesehatan karena virus SARS-CoV-2 masih ada. Menurut spesialis paru Dr. dr. Erlina Burhan, pandemi Covid-19 memang makin lama makin menghilang. Akan tetapi, ada kemungkinan virusnya tidak menghilang.

“Virulensi (SARS-CoV-2) tidak jauh berbeda dengan awal kemunculannya. Dulu banyak orang terjangkit lebih ke arah negaranya tidak memiliki kesiapan. Tapi seiring berjalannya waktu, pemerintah dan masyarakat sudah melakukan antisipasi sehingga terjadi penurunan,” ujar dr Erlina dalam suatu diskusi online, Rabu (3/6/2020).

masker
Ilustrasi wanita gunakan masker kain. (Pexels/Ketut Subiyanto)

Ditambahkan olehnya, dalam menghadapi new normal, ada sejumlah kriteria yang ditentukan oleh WHO. Salah satunya adalah upaya pencegahan Covid-19 yang diterapkan di tempat kerja, sekolah, fasilitas umum, dan lain sebagainya. Maka dari itu, masyarakat perlu diedukasi dan berperan di dalamnya seperti menjaga jarak, mencuci tangan, etika batuk, dan memakai masker.

“Kalau ingin melakukan new normal maka tindakan pencegahan harus dilakukan. Di tempat kerja jaraknya diatur, wajib menggunakan masker, yang sakit tidak boleh masuk. Di kendaraan umum harusnya berjarak, jangan seperti sekarang masih berdesak-desakan,” kata dr Erlina.

Selain itu, ada pula langkah pencegahan yang harus dilakukan di rumah setelah bepergian dari luar. Contohnya membuka alas kaki sebelum masuk rumah, menyemprot disinfektan pada peralatan yang dipakai seperti ponsel, laptop, dan pakaian, serta tidak menyentuh apapun di dalam rumah sebelum cuci tangan. Jangan lupa untuk segera mandi sebelum beraktivitas di dalam rumah.

“Kesimpulannya kalau mau new normal pakai masker, jaga jarak minimal 1 meter, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, sering cuci tangan dan hindari menyentuh area wajah, istirahat cukup, makan makanan bergizi, aktivitas fisik rutin walau harus dibatasi, serta mengonsumsi suplemen atau vitamin tambahan bila diperlukan,” pungkas dr Erlina.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US