The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Begini Perubahan Puting Payudara saat Hamil, Apa Penyebabnya?
Ilustrasi ibu hamil. (Pexels/Garon Piceli)
Health

Begini Perubahan Puting Payudara saat Hamil, Apa Penyebabnya?

Lebih besar.

Jumat, 06 Maret 2020 11:32 WIB 06 Maret 2020, 11:32 WIB

INDOZONE.ID - Kehamilan membawa perubahan pada tubuh. Salah satunya adalah mengubah bentuk payudara dan puting. Ternyata perubahan ini terjadi seiring usia kehamilan.

Dilansir dari Healthline, Jumat (6/3/2020), penyebabnya adalah berubahnya kadar hormon estrogen dan progesteron akibat kehamilan. Hormon-hormon ini memainkan peran penting dalam menyiapkan payudara untuk menyusui dan perubahan-perubahan lain yang mungkin kamu alami.

Hormon estrogen merangsang pertumbuhan sel-sel saluran payudara dan menghasilkan sekresi prolaktin serta hormon lain. Prolaktin ini yang merangsang pembesaran payudara dan produksi ASI. Sementara progesteron membantu pembentukan dan pertumbuhan sel penghasil susu di dalam kelenjar payudara.

Perubahan pada Payudara

Begini Perubahan Puting Payudara saat Hamil dan Penyebabnya
Ilustrasi ibu hamil. (Pexels/Nappy)

Perubahan payudara bisa terjadi di awal kehamilan yang mungkin tidak disadari. Tandanya meliputi pembengkakan payudara, rasa sakit, hingga payudara terasa berat dan penuh. Perubahan ini terus berlangsung hingga proses menyusui bayi.

Perubahan di Trimester Pertama

Begini Perubahan Puting Payudara saat Hamil dan Penyebabnya
Ilustrasi ibu hamil. (Pexels/Negative Space)

Pada trimester pertama kehamilan, volume darah di tubuh mulai meningkat untuk memenuhi kebutuhan perkembangan janin yang sedang tumbuh. Hal ini menyebabkan pembuluh darah di payudara menjadi lebih besar, biru, dan terlihat jelas.

Di saat inilah payudara mulai membesar dari biasanya dan kadang terasa lebih lunak. Kamu juga mungkin merasakan sakit di bagian ketiak, karena daerah tersebut memiliki jaringan payudara yang disebut Tail of Spence. Puting juga berubah menjadi lebih besar dan sensitif. Sementara areola berubah menjadi lebih gelap.

Perubahan di Trimester Kedua

Begini Perubahan Puting Payudara saat Hamil dan Penyebabnya
Ilustrasi ibu hamil .(Pexels/Leah Kelley)

Di fase ini, kadar estrogen mulai meningkat. Payudara akan terasa lebih berat dan penuh karena saluran ASI yang berkembang. Payudara juga akan menghasilkan kolostrum,  yaitu munculnya cairan ASI pertama kali. Sebaiknya hindari stimulasi yang berlebihan pada puting karena bisa membuatmu mengalami persalinan prematur.

Perubahan di Trimester Ketiga

Begini Perubahan Puting Payudara saat Hamil dan Penyebabnya
Ilustrasi ibu hamil. (Pexels/Andre Furtado)

Menjelang melahirkan, payudara menjadi lebih berat dan lebih padat. Puting juga akan menjadi lebih besar dan menonjol serta terkadang bentuknya berubah. Puting dan areola juga menjadi lebih gelap. Wajar jika kamu mengalami gatal pada payudara karena kondisi kulit yang lebih melar.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Utami Evi Riyani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US