The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kenali Gejala Baru Omicron yang Ditandai Masalah pada Telinga Bagian Dalam
Ilustrasi varian Omicron. (freepik)
Health

Kenali Gejala Baru Omicron yang Ditandai Masalah pada Telinga Bagian Dalam

Rabu, 26 Januari 2022 08:54 WIB 26 Januari 2022, 08:54 WIB

INDOZONE.ID - Tingkat infeksi virus corona varian Omicron semakin tinggi, yang telah menyebar hampir ke seluruh dunia. Varian Omicron sendiri diyakini lebih menular daripada varian Delta, hanya saja infeksinya lebih ringan, mirip dengan flu.

Tapi sekaran versi baru dari varian Omicron telah muncul, yang menyebabkan kekhawatiran dapat memicu gelombang lebih  parah dari  COVID-19.

Dilansir Mirror, strain, bernama Omicron BA.2, telah diklasifikasikan sebagai varian yang sedang diselidiki oleh UKHSA.

Jadi penting untuk menyadari gejala Omicron agar dapat menghindari penyebaran infeksi lebih lanjut.

Menurut NHS, Gejala utama virus corona ialah batuk terus menerus, demam, kehilangan rasa atau penciuman. Tapi gejala varian Omicron diklaim sangat ringan.

Berdasarkan laporan dari studi  ZOE Covid, lima gejala teratas yang diidentifikasi adalah pilek, sakit kepala, kelelahan, bersin, dan sakit tenggorokan.

Baca juga: Waspada! Peneliti Temukan Gejala Baru Varian Omicron, Telinga Berdenging

Namun ada juga gejala lain yang harus diwaspadai, terutama yang mempengaruhi telinga, mata dan kepala.

NHS mengatakan bahwa vertigo merupakan gejala yang dapat terjadi  selama fase akut infeksi COVID-19, selama proses pemulihan atau sebagai bagian dari gejala COVID-19 sebelumnya.

Vertigo merupakan sensasi berputar atau rasa gerakan yang berubah atau pusing. Menurut NHS, pusing juga dikaitkan dengan telinga berdenging, pendengaran berkurang, ketegangan mata, dan sakit kepala.

NHS menjelaskan bahwa banyak penelitian menunjukkan bahwa COVID-19 dapat menyebabkan sakit kepala. Sakit kepala sering dialami banyak orang, tapi banyak orang yang tidak tahu bahwa ini ciri dari infeksi virus, sehingga banyak yang menghiraukannya.

Menurut Dr Konstantina Stankovic, ketua Departemen Otolaringologi-Bedah Kepala dan Leher di Universitas Stanford, sakit telinga menjadi tanda umum infeksi Omicron.

Timnya menemukan bahwa beberapa dari pasien yang terinfeksi COVID-19 mengalami masalah pada telinga bagian dalam.

"Jika kamu melihat gangguan pendengaran atau pusing atau telinga berdenging, jangan abaikan," kata Dr Konstantina Stankovic kepada 7News.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Fitri
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US