The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ahli: Ini Penyebab Kamu Selalu Lapar di Malam Hari
Ilustrasi lapar. (Pexels/Andres Ayrton)
Health

Ahli: Ini Penyebab Kamu Selalu Lapar di Malam Hari

Ini kata ahli.

Kamis, 10 Juni 2021 10:27 WIB 10 Juni 2021, 10:27 WIB

INDOZONE.ID - Saat kamu sudah siap-siap tidur, tiba-tiba rasa lapar sering melanda. Perut pun berbunyi dan membuat kamu jadi tidak bisa tidur. Mengapa hal ini sering terjadi?

Menurut para ahli, ada banyak penyebab kamu selalu merasa lapar di malam hari. Bisa jadi itu memang benar-benar lapar, hanya karena bosan sehingga ingin makan, atau ada emosi lain yang mungkin kamu rasakan.

"Jika itu fisiologis, mungkin kamu tidak cukup makan di siang hari atau saat makan malam, terutama jika kamu melewatkan protein," kata Profesor Nutrisi di New York University, Lisa Young dikutip dari Popsugar, Kamis (10/6/2021).

Senada dengan Lisa Young, ahli diet klinis, Hannah Brilling menambahkan bahwa karbohidrat sederhana yang biasa ditemukan pada nasi putih, kentang, dan pasta dicerna lebih cepat. Ini membuat kita merasa lebih cepat lapar daripada jika kita mengkonsumsi protein, lemak, dan serat.

Ia juga menuturkan rasa lapar di malam hari bisa dikaitkan dengan masalah tidur.

"Paling sering merasa lapar di malam hari disebabkan oleh waktu tidur yang terlambat atau masalah tidur yang mendasarinya," kata Brilling.

"Kami merekomendasikan tujuh sampai delapan jam tidur di malam hari. Banyak orang dewasa menderita beberapa jenis gangguan tidur, seperti insomnia atau sleep apnea. Bangun malam sering 'diobati' dengan makanan," tutur Brilling.

BACA JUGA: Dosis Ketiga Vaksin Sinovac Disebut Tingkatkan Antibodi 10 Kali Lipat

Untuk mengatasinya, kamu bisa tidur lebih awal dan memerhatikan apa yang kamu makan untuk makan malam.

"Tampaknya berlawanan dengan intuisi, tetapi makan berlebihan terutama makanan tinggi karbohidrat dapat mempercepat waktu atau meningkatkan intensitas rasa lapar di kemudian hari," ujarnya.

Kemudian, pastikan makanan terakhir yang kamu makan tidak lebih dari 25 persen karbohidrat dan cobalah mengkonsumsi biji-bijian utuh yang tidak diproses, seperti quinoa, lentil, atau kacang-kacangan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Utami Evi Riyani
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US