Jangan Sepelekan Sesak Napas, Segera ke Rumah Sakit agar Nyawa Tertolong
Ilustrasi rumah sakit. (Pexels/Pixabay)
Health

Jangan Sepelekan Sesak Napas, Segera ke Rumah Sakit agar Nyawa Tertolong

Ini alasannya.

Jumat, 08 Mei 2020 17:13 WIB 08 Mei 2020, 17:13 WIB

INDOZONE.ID - Gangguan kesehatan seringkali menimbulkan gejala, salah satunya adalah sesak napas. Banyak hal yang bisa menyebabkan sesak napas. Contohnya serangan jantung, infeksi saluran pernapasan, asma, bronkopneumonia, bronkitis, dan masih banyak lagi.

Saat seseorang mengalami sesak napas, maka ia harus segera dibawa ke rumah sakit. Sebab sesak napas termasuk gejala yang berat. Terlebih apabila pemicu terjadinya sesak napas tidak diketahui secara pasti.

"Kalau sesak napas terjadi karena infeksi bisa cepat memberat kondisinya. Jadi secepat mungkin datang ke rumah sakit ketika sesak napas. Golden period agar nyawa tertolong tergantung dari jenis penyakitnya," ujar spesialis penyakit jantung dan pembuluh darah, dr Vito A. Damay, Sp.JP (K), M.Kes, FIHA, FICA dalam suatu diskusi online baru-baru ini.

Dokter yang berpraktik di RS Siloam Karawaci itu mencontohkan, apabila sesak napas terjadi karena serangan jantung, maka golden period atau periode emasnya digunakan untuk menentukan perawatan bukan agar nyawa tertolong. Pada pasien yang mengalami serangan jantung biasanya sesak napas terjadi karena adanya sumbatan di pembuluh darah. Maka tindakan yang dilakukan adalah membuka sumbatan.

"Kalau kasusnya serangan jantung dan datang ke rumah sakit 12 jam setelah keluhan sesak napas pertama, maka bisa dilakukan primary PCI. Ini adalah perawatan membuka penyumbatan dengan katerisasi dan pemasangan ring dan dalam waktu 12 jam," ujar dr Vito.

Apabila tindakan primary PCI tidak bisa dilakukan, maka untuk perawatan pasien serangan jantung biasanya diberikan obat trombolitik atau pengencer darah. Akan tetapi, jika sesak napas yang terjadi sudah lewat dari 12 jam maka obat tersebut tidak diberikan. Sebab bisa lebih berbahaya terhadap kondisi pasien.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat ditarik kesimpulan jika terjadi sesak napas harus segera dibawa ke rumah sakit. Tujuannya untuk mencari tahu penyebab sesak napas sehingga bisa dilakukan perawatan lebih lanjut. Terlebih sesak napas adalah gejala yang berat.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US