The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kenapa saat Menstruasi Jadi Sering Buang Air Besar?
Ilustrasi nyeri perut. (Healthline)
Health

Kenapa saat Menstruasi Jadi Sering Buang Air Besar?

Ini penyebabnya.

Minggu, 05 April 2020 16:02 WIB 05 April 2020, 16:02 WIB

INDOZONE.ID - Banyak hal yang terjadi pada tubuhmu ketika memasuki masa menstruasi. Mulai dari nyeri pada bagian perut, hingga frekuensi buang air besar yang meningkat.

Pada sebagian orang, menstruasi membuat mereka merasa mulas dan meningkatnya keinginan buang air besar. Tapi jangan khawatir, ini adalah sesuatu yang normal.

Menurut Refinery29.com, hal ini disebabkan oleh dua hormon yaitu prostaglandin dan progesteron. Pada saat menstruasi, prostaglandin memberi sinyal pada rahim untuk berkontraksi sebelumnya.

Ilustrasi
Ilustrasi (freepik)

Tetapi pada tahap ini, beberapa prostaglandin mungkin juga mengarah ke ususmu dan menyebabkan kontraksi. Hal ini menyebabkan kamu menjadi lebih sering kentut dan merasa ingin buang air besar terus-menerus.

Selain prostaglandin, progesteron juga berkaitan dengan buang air besar saat menstruasi. Progesteron adalah hormon yang membantu perempuan menjaga kehamilan. Biasanya hormon ini membuat perempuan sembelit.

Tetapi saat terjadi menstruasi, kadar progesteron menurun, sehingga menyebabkan efek sebaliknya. Inilah yang membuat kamu diare dan cenderung lebih sering buang air besar.

Itulah penyebab menstruasi memengaruhi frekuensi buang air besar. Tapi jangan khawatir ya, karena itu sesuatu yang normal.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Utami Evi Riyani
JOIN US
JOIN US