The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sering Ada di Salad, Ternyata Kubis Ampuh Mencegah Sakit Kanker
kubis (zonefresh.com)
Health

Sering Ada di Salad, Ternyata Kubis Ampuh Mencegah Sakit Kanker

Selasa, 21 Januari 2020 13:00 WIB 21 Januari 2020, 13:00 WIB

INDOZONE.ID - Sama halnya seperti buah-buahan, sayur mayur pun tentu memiliki kandungan dan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu sayur dengan manfaat luar biasa bagi tubuh ialah kubis.

Ya, siapa yang tak kenal dengan sayur berbentuk bulat ini memang sering ditemukan di berbagai olahan sayur maupun salad. Namun, siapa sangka jika sayur dengan tekstur renyah ini bisa membantu mencegah penyakit kronis, termasuk juga kanker.

kubis
ilustrasi kubis (pixabay/RitaE)

Sayuran yang tergolong dalam genis tanaman Brassica ini mengandung berbagai sumber nutrisi, seperti vitamin C, E, K, folat, magnesium, mangan dan beberapa karotenoid (lutein, zeaxanthin dan beta karoten).

Ada berbagai manfaat kesehatan yang bisa didapat dari sayuran ini, misalnya menurunkan tekanan darah, meningkatkan pencernaan, mengurangi peradangan, menjaga jantung tetap sehat, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker, dan masih banyak lagi

Kubis diketahui mengandung sekelompok zat yang dikenal sebagai glukosinolat, senyawa dengan kandungan belerang. Kandungan ini akan dipecah dalam tubuh untuk membentuk senyawa biologis aktif seperti isotiocyanate, indole, nitril dan tiosinat yang akan memberikan efek anti-kanker.

kubis
kubis (irenamacri.com)

Berdasarkan sebuah penelitian, kandungan indole dan isotiocyanate, ini berfungsi untuk menghentikan perkembangan berbagai jenis kanker, termasuk kanker kandung kemih, usus besar, payudara, hati, paru-paru dan perut.

Sementara itu, sebuah studi menunjukkan bahwa kubis mengandung sulforaphane, yaitu senyawa dengan kandungan belerang yang memiliki kemampuan ampuh untuk menghambat enzim berbahaya (histone deacetylase). Senyawa ini bertanggung jawab dalam perkembangan kanker di tubuh.

Penelitian lain mengungkapkan, kubis merah memiliki kandungan antioksian kuat yang disebut anthocyanin (senyawa pewarna dalam buah dan sayur), yang terbukti memperlambat penggandaan sel kanker.

kubis
Kubis (NDTV Food)

Di sisi lain, sebuah studi yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition menunjukkan, jus kubis bisa membantu mencegah perkembangan sel kanker payudara. Bahkan mengonsumsi kubis selama masa remaja dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara sebesar 72 persen.

Selain itu, berdasarkan studi di Journal of National Cancer Institute, kubis yang mengandung isothiocyanate dan karoten juga berguna untuk melindungi tubuh dari kanker paru-paru.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Putri
Putri

Putri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US