The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bayi Alami Sariawan  Mulut? Begini Cara Mengatasinya
Ilustrasi bayi (Unsplash/Kevin liang)
Health

Bayi Alami Sariawan Mulut? Begini Cara Mengatasinya

Selasa, 11 Agustus 2020 13:37 WIB 11 Agustus 2020, 13:37 WIB

INDOZONE.ID - Sariawan mulut merupakan infeksi mulut oleh jamur yang dikenal sebagai Candida albicans. Sariawan mulut dapat ditularkan melalui menyusui atau dengan berciuman.

Umumnya, jamur Candida albicans ada di sebagian besar dari kita dan dianggap sebagai flora yang baik karena berkontribusi penting. Tapi saat ia berkembang biak di luar batas normal, maka terjadilah infeksi.

Kondisi ini juga umum terjadi pada bayi baru lahir, hal ini membuat bayi rewel saat menyusui. Nah, untuk mengatasi masalah ini, mom bisa membuat perawatan berikut ini di rumah.

Berikut seperti yang dilasir dari Boldsky:

1. Yoghurt tanpa pemanis

Mengatasi sariawan ringan pada bayi ibu bisa memberikan yoghurt tanpa pemanis. Ini karena keseimbangan bakteri baik  yang sehat tetap terjaga di dalam mulut bayi.

2. Pengobatan pada ibu

Bayi yang mengalami sariawan dapat ditelusuri ke ibu yang menyusuinya. Berdasarkan penelitian Candida hadir di mulut 34,55% bayi yang mendapat ASI eksklusif. Penelitian yang sama menemukan bahwa terdapat Candida pada payudara sekitar 34,55% wanita menyusui. Jadi untuk mengatasinya berilah pengobatan pada ibu yang menyusui bayi tersebut.

3. Kurangi konsumsi gula

Ibu menyusui yang mempunya bayi alami sariawan mulut sebaiknya ibu membatasi konsumsi gula. Karena berdasarkan studi terdapat hubungan antara glukosa dan pertumbuhan kandida dalam air liur di mulut.

Saat ibu membatasai asupan gula maka glukosa lebih sedikit untuk bayi selama menyusui, sehingga akan mengurangi intensitas sariawan di mulut bayi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zal
Fitri
Zal

Zal

Editor
Fitri

Fitri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US