The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Baik untuk Kesehatan Mental Anak, Yuk Temani si  Kecil Hingga Tertidur
Ilustrasi temani anak hingga tertidur (Pexels/Andrea Piacquadio)
Health

Baik untuk Kesehatan Mental Anak, Yuk Temani si Kecil Hingga Tertidur

Rabu, 03 Juni 2020 14:37 WIB 03 Juni 2020, 14:37 WIB

INDOZONE.ID - Menemani anak hingga tertidur membantu anak tidur lebih nyenyak, tapi tidak hanya itu saja manfaatnya mom, menemani anak tidur juga bermanfaat bagi kesehatan mental anak.

Metode ini merupakan bentuk dari attachment parenting (AP) yang mendorong para ibu untuk membangun hubungan yang kuat dengan anak melalui kontak fisik yang dekat, sikap responsif dan empati keibuan.

Menurut Profesor Kraus Whitbourne dari departemen Ilmu Psikologi dan Otak di University of Massachusetts Amherst mengatakan metode ini membantu anak menjadi sukses di masa depan.

Hal ini karena AP sebuah pendekatan  yang membantu perkembangan kesehatan fisik dan psikologis pada anak-anak.

Tidak hanya Whitbourne saja, Patrice Marie Miller dan Michael Lamport Commons dari Harvard Medical School juga mengungkapkan hal positif dari AP melalui sebuah studi.

Dalam studi yang dilakukannya pada tahun 2010 menunjukkan AP membuat paparan stres terhadap anak menjadi lebih sedikit.

Selain itu AP juga dapat menurunkan masalah kesehatan mental pada perkembangan anak di kemudian hari. Bahkan manfaat AP membuat anak-anak cenderung mencari kontak dengan orang tua mereka ketika mengalami tekanan agar mereka merasa baik-baik saja.

"Hasilnya adalah anak-anak menjadi lebih terlibat secara efektif dalam aspek-aspek perkembangan penting, seperti sekolah dan hubungan dengan teman," jelas Miller dan Commons.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US