The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kabar Baik! Penyintas Covid-19 Bergejala Ringan Bisa  Divaksin Usai 1 Bulan Sembuh
Tenaga medis menyuntikkan vaksin kepada warga saat giat vaksinasi di kawasan pusat perdagangan di Jalan Gajahmada, Pontianak. (ANTARA/Jessica Helena Wuysang)
Health

Kabar Baik! Penyintas Covid-19 Bergejala Ringan Bisa Divaksin Usai 1 Bulan Sembuh

Jumat, 01 Oktober 2021 10:01 WIB 01 Oktober 2021, 10:01 WIB

INDOZONE.ID - Seseorang yang pernah terpapar Covid-19 atau yang biasa disebut penyintas, kini tak lagi harus menunggu sampai 3 bulan lamanya untuk bisa disuntikkan vaksin. Kini, mereka bisa menerima vaksinasi usai 1 bulan dinyatakan sembuh dan hasil swabnya negatif.

Kebijakan itu terdapat dalam Surat Edaran Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Nomor HK.02.01/I/2524/2021 tentang Vaksinasi Covid-19 Bagi Penyintas. 

"Dalam peraturan baru, yakni SE tentang vaksinasi Covid-19 bagi penyintas, disebutkan bahwa penyintas boleh divaksinasi setelah satu bulan dan tiga bulan dinyatakan sembuh, tergantung derajat keparahan penyakit," kata Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Maxi Rein Rondonuwu, dikutip Jumat (1/10).

Maxi mengatakan, aturan tersebut diberlakukan lantaran dalam aspek medis, vaksinasi Covid-19 bersifat dinamis dan terus alami perkembangan.

Selain itu, Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional, atau ITAGI sebelumnya telah mengeluarkan kajian dan rekomendasi terbaru soal pemberian vaksinasi bagi penyintas Covid-19 melalui surat nomor 98/ITAGI/Adm/IX/2021 tanggal 20 September 2021.

Dengan itu, penyintas dengan gejala ringan sampai sedang, bisa mendapatkan vaksinasi dengan rentang 1 bulan usai dinyatakan sembuh.

Namun bagi penyintas dengan gejala berat, bisa mendapatkan vaksinasi dengan rentang 3 bulan usai dinyatakan sembuh.

"Adapun jenis vaksin yang diberikan kepada penyintas disesuaikan dengan logistik vaksin yang tersedia," kata Maxi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Silvia Marissa
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US