The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ada Kemungkinan RI Alami Second Wave Layaknya India, Ini Kata Kemenkes
Second Wave di India (ANTARA FOTO/REUTERS/Danish Siddiqui)
Health

Ada Kemungkinan RI Alami Second Wave Layaknya India, Ini Kata Kemenkes

Rabu, 05 Mei 2021 11:41 WIB 05 Mei 2021, 11:41 WIB

INDOZONE.ID - India saat ini tengah alami gelombang kedua Corona yang membuat India seperti 'hancur lebur'. Hal ini pun ditakutkan oleh pemerintah Indonesia.

Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi pun menyebutkan upaya-upaya Indonesia untuk mengantisipasi lonjakan kasus Corona agar tak seperti India.

Sebelumnya Indonesia telah alami hal yang mirip dengan India yakni pada akhir Desember sampai Januari lalu. Hanya saja lonjakan tersebut tidak separah di India saat ini.

dr Nadia mengingat pada saat itu, keterisian rumah sakit bahkan mendekati angka di atas 90 bahkan 95 persen. Hal inilah yang sebenarnya tak diinginkan lagi pemerintah Indonesia. Lalu bagaimana cara menghindarinya?

Yang pertama adalah dengan mengecek kesiapan rumah sakit terkait ketersediaan oksigen, pengobatan-pengobatan lainnya, serta ventilator serta juga SDM-nya. Lalu fasilitas kesehatan ditingkatkan.

Pemerintah daerah diminta untuk memastikan kesiapan RSUD serta fasilitas pelayanan kesehatan di wilayahnya untuk mengantisipasi adanya lonjakan kasus. Dan yang terakhir dengan meminta kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
JOIN US
JOIN US