Jarang Pakai Bra selama WFH, Benarkah Payudara Bisa Mengendur?
Bra (freepik)
Health

Jarang Pakai Bra selama WFH, Benarkah Payudara Bisa Mengendur?

Cek faktanya.

Kamis, 02 April 2020 12:54 WIB 02 April 2020, 12:54 WIB

INDOZONE.ID - Demi mendapatakan kenyamanan dan kebebasan selama work from home (WFH) sebagian besar perempuan memilih untuk tidak memakai bra di rumah.

Perempuan merasa jauh lebih baik dan bernapas lebih lega saat tidak menggunakan bra. Seperti yang terjadi di Inggris, para pekerja perempuan yang menjalani lockdown mengaku berbusana tanpa bra selama berada di rumah.

Mengutip dari laman daily mail, Kamis (2/4/2020), Dr. Riccardo Frati seorang ahli surgery dari Frati Cosmetic mengungkapkan perempuan yang melepaskan bra selama masa lockdown dapat merusak ligamen cooper, dan berdampak pada pengenduran otot payudara serta mengubah struktur payudara.

Jarang Pakai Bra Selama WFH, Benarkah Payudara Akan Mengendur?
Bra. (Pexels/Castorly Stock)

Ia juga menambahkan bahwa penggunaan bra selama masa lockdown sangat penting guna mempertahankan jaringan otot payudara yang mengendur.

Asisten profesor bedah plastik dari NYU Laone Health, Amerika Serikat, Alyssa Golas, MD juga menuturkan bahwa penggunaan bra sangat penting guna menunjang penampilan, terlebih lagi bagi kamu yang memiliki payudara lebih besar.

Namun penggunaan bra tidak bisa menyelamatkan pengenduran payudara yang diakibatkan usia maupun gravitasi.

Sebuah studi yang dilakukan pada 300 perempuan berusia 18-35 tahun membuktikan bahwa perempuan tanpa bra memiliki jaringan otot lebih baik daripada perempuan yang rutin mengenakan bra.

bra
Bra (freepik)

Pilih Bra yang Tepat untuk Payudara

Kalupun perempuan diharuskan mengenakan bra, ada baiknya memilih bahan bra yang baik untuk mendukung pertumbuhan payudara.

Jadi, perempuan tanpa bra bukan berarti akan mengalami pengenduran payudara secara signifikan.

Kecuali kamu sudah memasuki tahapan usia lebih dewasa barulah ligamen cooper dapat mengendur. Ditambah lagi payudara kekurangan kolagen dan estrogen, perempuan menopause, perokok, inilah faktor yang justru memiliki peranan besar dalam pengenduran payudara.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Yulia Marianti
Syarifah Noer Aulia

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU