The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cegah Penularan Covid-19 Lewat Kiriman Paket, Begini Kata Dokter Reisa
Menerima paket belanja online (Freepik)
Health

Cegah Penularan Covid-19 Lewat Kiriman Paket, Begini Kata Dokter Reisa

Protokol kesehatan menerima paket belanja online

Minggu, 12 Juli 2020 16:52 WIB 12 Juli 2020, 16:52 WIB

INDOZONE.ID - Sejak pandemi Covid-19, tren belanja online mengalami peningkatan. Salah satu alasannya karena masyarakat takut keluar rumah dan sebelumnya ada beberapa tempat umum yang ditutup sementara. Kendati cara belanja berubah, masyarakat diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan ketika paket tiba di rumah. 

Juru bicara (jubir) pemerintah untuk Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro menyampaikan sejumlah protokol kesehatan yang bisa diterapkan ketika menerima paket belanja di rumah. 

Langkah pertama adalah dengan menyiapkan meja di depan pintu rumah. Komunikasikan dengan kurir agar paket yang tiba langsung diletakkan di atas meja untuk menghindari kontak baik dengan kurir atau kiriman barang tersebut. 

"Gunakan sarung tangan atau segera buang bungkus wadah kemasan paket yang tidak perlu di luar," ungkap dr Reisa dalam video singkat konferensi pers BNPB Indonesia, Minggu (12/7/2020).

Cuci tangan
Cuci tangan (Mayo Clinic)

Setelah membuang bungkus, langkah yang harus dilakukan adalah segera cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Kemudian bawa paket yang sudah terbuka pembungkusnya ke dalam rumah. Selanjutnya semprotkan disinfektan pada bagian luar. 

"Kalau makanan jangan disemprot cairan disinfektan, segera masak sampai matang atau panaskan lagi dengan suhu 65°C dalam waktu 3 menit. Atau bisa juga bersihkan wadahnya lalu untuk buah dan sayur cuci dengan cairan pembersih food grade," kata dr Reisa. 

Dirinya menambahkan, dengan menerapkan cara-cara tersebut, paling tidak barang belanjaan yang sudah dibeli dipastikan steril dan bisa meminimalisir potensi penularan Covid-19 melalui benda.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Dinno Baskoro
Maria Adeline Tiara Putri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US