The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cegah Virus Corona, Ini Cara Menghilangkan Kebiasaan Menyentuh Wajah
Ilustrasi memegang wajah. (Pexels/Andrea Piacquadio)
Health

Cegah Virus Corona, Ini Cara Menghilangkan Kebiasaan Menyentuh Wajah

Ikuti tipsnya.

Minggu, 15 Maret 2020 14:09 WIB 15 Maret 2020, 14:09 WIB

INDOZONE.ID - Menyentuh wajah menjadi suatu kebiasaan yang tidak disadari. Padahal, sering menyentuh wajah bisa membawa virus corona masuk ke dalam tubuh.

Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa seseorang menyentuh wajahnya lebih dari 16 kali dalam satu jam. Salah satu cara untuk meminimalisir infeksi virus corona adalah dengan mencuci tangan sebersih mungkin.

Namun, psikolog klinis dari Northwester Medicine Huntley Hospital di Huntley, Illinois, AS, Zachary Sikora membagikan tips lain untuk menghilangkan kebiasaan menyentuh wajah.

ilustrasi wajah wanita
Ilustrasi (Unsplash.com/Aiony Haust)

1. Tulis Larangan

Kamu bisa memulainya dengan menuliskan larangan menyentuh wajah di atas kertas dan menempelkannya di tempat-tempat yang biasa kamu lihat. Misalnya di meja kantor, di dekat televisi, atau di dapur.

Cegah Corona, Ini Cara Menghilangkan Kebiasaan Menyentuh Wajah
Ilustrasi menyentuh wajah. (Pexels/Vinicius Wiesehofer)

2. Tanganmu Harus Selalu Sibuk

Cara lainnya adalah membuat tanganmu sibuk untuk hal lain, sehingga tidak sering menyentuh wajah.

"Buat tanganmu sibuk. Jika kamu berada di rumah menonton televisi, cobalah sambil melipat pakaian, menyortir surat, atau memegang sesuatu," kata Sikora dikutip dari Healthline.

 Ilustrasi
Ilustrasi (Unsplash.com/Matthew Tkocz)

3. Penggunaan Pembersih Tangan

Sikora juga merekomendasikan penggunaan pembersih tangan atau sabun tangan beraroma untuk membantu mengingatkan diri sendiri agar menjauhkan tangan dari wajah. Aroma dari tangan akan mengingatkanmu untuk tidak menyentuh wajah.

Selain itu, jika kamu sedang rapat atau duduk di tempat ramai, ia merekomendasikan tangan kanan dan kirimu saling menggenggam dan meletakkan di pangkuan. Tapi jika cara-cara tersebut tidak berhasil, mengenakan sarung tangan bisa menjadi pengingat yang efektif.

"Kamu bisa mengenakan sarung tangan saat keluar ke tempat umum dan kemungkinan besar akan terpapar dengan menyentuh permukaan yang memiliki virus. Lalu lepaskan ketika kamu sampai tujuan. Ini mungkin tidak biasa, tetapi mengenakan sarung tangan di rumah juga dapat membantu kamu menghentikan kebiasaan menyentuh wajahmu," jelas Sikora.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Utami Evi Riyani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US