The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Apakah Virus Corona Bisa Menular Melalui ASI?
Ilustrasi ibu menyusui. (Pexels/Dominika Roseclay)
Health

Apakah Virus Corona Bisa Menular Melalui ASI?

ini kata dokter.

Kamis, 22 April 2021 16:05 WIB 22 April 2021, 16:05 WIB

INDOZONE.ID - Virus corona dapat menular melalui kontak langsung atau ketika seseorang menyentuh benda yang telah terkontaminasi virus. Namun, bisakah virus corona menular kepada bayi melalui ASI?

Dokter Spesialis Anak, Andreas mengatakan sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa virus corona menular melalui ASI.

"Virus SARS-CoV-2 sampai saat ini belum ada penelitian dan bukti secara klinis ditularkan melalui ASI," kata dr. Andreas saat dihubungi Indozone melalui pesan singkat, Kamis (22/4/2021).

Dokter yang berpraktek di RS BMC Mayapada Hospital Bogor ini mengatakan ibu yang positif Covid-19 masih boleh menyusui bayinya. Kendati demikian, risiko bayi tertular Covid-19 masih bisa terjadi jika bayi terpapar virus yang dibawa saat ibu batuk atau bersin.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga mengizinkan ibu yang terinfeksi Covid-19 untuk memberikan ASI pada bayi. Namun ada yang harus diperhatikan.

Ibu menyusui diimbau selalu memerhatikan kebersihan diri, lingkungan, dan bayinya. Salah satunya dengan menggunakan masker saat berinteraksi dengan bayi.

BACA JUGA: Dokter: Puasa Tidak Mengganggu Kekebalan Tubuh saat Vaksinasi Covid-19

Kemudian, ibu menyusui juga harus mencuci tangan saat hendak memegang bayi. Gunakan sabun antiseptik sebelum dan sesudah memegang bayi.

Jika ibu dalam kondisi kurang sehat dan tidak bisa menyusui secara langsung, bisa dengan memerasnya atau pumping dan memberikan pada bayi melalui botol atau cup feeder.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Utami Evi Riyani
JOIN US
JOIN US