The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ternyata Ini Penyebab Kolesterol Naik saat Puasa
Ilustrasi buka puasa. (Pexels/Mentatdgt)
Health

Ternyata Ini Penyebab Kolesterol Naik saat Puasa

Apa saja?

Selasa, 27 April 2021 20:44 WIB 27 April 2021, 20:44 WIB

INDOZONE.ID - Rutinitas puasa yang dilakukan selama bulan Ramadan dapat memberi manfaat kesehatan. Bahkan, puasa dapat mengendalikan kadar kolesterol di dalam darah.

Namun kolesterol bisa saja naik saat puasa lho. Apa penyebabnya? Simak ulasannya dirangkum Indozone dari Hellosehat, Selasa (27/4/2021).

1. Pola Makan Tidak Terjaga

Ternyata Ini Penyebab Kolesterol Naik saat Puasa
Ilustrasi makan makanan cepat saji. (Pexels/Pixabay)

Kolesterol bisa naik saat tidak menjaga pola makan, khususnya saat buka puasa. Saat buka puasa, banyak orang cenderung melahap banyak makanan untuk "balas dendam" karena menahan lapar seharian. Mulai dari makanan dan minuman manis sampai makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Untuk mencegah kolesterol naik, sebaiknya kurangi mengonsumsi makanan dengan kadar kolesterol tinggi saat buka puasa.

2. Kekurangan Taurin

Ternyata Ini Penyebab Kolesterol Naik saat Puasa
Ilustrasi bayam. (Pexels/Jacqueline Howell)

Taurin merupakan jenis asam amino yang berfungsi mengendalikan kadar kolesterol jahat dalam darah dan liver (organ hati). Saat berpuasa, seseorang bisa saja kekurangan taurin. Taurin sendiri bisa didapatkan dari zat seng (zinc) dan vitamin A seperti pada bayam, brokoli, dan jamur. Untuk mencegah kolesterol naik, biasakan berbuka puasa dengan berbagai makanan dan sayuran yang tinggi kandungan taurin.

BACA JUGA: Dokter di India Khawatir Virus Corona Tak Terdeteksi PCR

3. Sindrom Metabolik

Ternyata Ini Penyebab Kolesterol Naik saat Puasa
Ilustrasi makanan. (Pexels/Daria Shevtsova)

Bisa jadi penyebab kolesterol naik saat bulan puasa adalah karena terjadinya sindrom metabolik, yaitu kondisi medis yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Kondisi ini ditandai dengan kenaikan tekanan darah, kenaikan gula darah, sampai kelebihan lemak dalam tubuh. Seseorang dapat mengalami kondisi tersebut saat puasa, saat perut kosong seharian dan tiba-tiba diisi dengan banyak makanan yang tak sehat.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Utami Evi Riyani
JOIN US
JOIN US