The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengenal Psikosomatik, Gangguan yang Dialami Will Smith karena Banyak Bercinta
Will Smith beberkan dirinya alami gangguan psikosomatik (Instagram/willsmith)
Health

Mengenal Psikosomatik, Gangguan yang Dialami Will Smith karena Banyak Bercinta

Minggu, 28 November 2021 14:50 WIB 28 November 2021, 14:50 WIB

INDOZONE.ID - Will Smith mengungkap banyak pengalaman hidup yang ia lalui lewat buku yang ditulisnya. Salah satu kisah yang dituliskannya yaitu mengenai hubungan asmaranya dengan seorang wanita cantik bernama Melanie. 

Dalam buku tersebut, Will menggambarkan Melanie sebagai sosok wanita yang memiliki masa kecil kelam. Karena sangat mencintai wanita itu, Will bahkan sampai meminta izin ke orang tuanya untuk membiarkan Melanie tinggal di rumah mereka. 

Namun sayang, saat Will melakukan tur, Melanie justru berselingkuh. Hal itu pun sangat membuat Will patah hati hingga mulai melakukan hubungan seks dengan banyak wanita.

"Saya sangat membutuhkan bantuan. Tetapi karena tidak ada pil untuk patah hati, saya menggunakan pengobatan homeopati untuk berbelanja dan hubungan seksual dengan banyak wanita," tulis Will dalam bukunya. 

Saking seringnya berhubungan seks dengan banyak wanita, Will sampai mengalami gangguan psikosomatik yang terjadi ketika dirinya orgasme. 

"Saya berhubungan seks dengan begitu banyak wanita, dan itu sangat tidak sesuai dengan diri saya, sehingga saya mengalami reaksi psikosomatik saat mengalami orgasme. Saya merasa mual dan kadang-kadang bahkan muntah," tulis pria 53 tahun itu.

Lalu, apa sebenarnya gangguan psikosomatik yang dialami Will Smith itu? Dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasannya berikut. 

Gangguan Psikosomatik

Ilustrasi
(Unsplash/Eric Ward)

Kata psikosomatik merupakan gabungan dari dua kata, yaitu pikiran (psyche) dan tubuh (soma). Psikosomatik adalah gangguan atau keluhan fisik yang timbul atau dipengaruhi oleh pikiran atau emosi.

Biasanya, gangguan psikosomatik ini muncul pada seseorang dengan masalah kesehatan mental yang dialaminya, seperti takut, stres, depresi, atau cemas.

Gejala dan Tanda Gangguan Psikosomatik

Ilustrasi
(Unsplash/Joice Kelly)

Gangguan Psikosomatik dapat terjadi pada semua kelompok usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Adapun gejala yang muncul, yaitu: 

  • Sakit perut atau nyeri ulu hati
  • Sakit punggung
  • Sakit kepala
  • Mudah lelah
  • Nyeri otot
  • Sesak napas atau asma
  • Nyeri dada
  • Jantung berdebar kencang
  • Telapak tangan berkeringat

Orang yang mengalami gangguan psikosomatik biasanya akan mengalami tanda-tanda di bawah ini: 

  • Cenderung merasa khawatir berlebih meski keluhannya tergolong ringan.
  • Keluhan psikosomatik umumnya muncul pada saat di bawah tekanan atau saat beban pikiran meningkat.
  • Pola munculnya keluhan fisik biasanya dipicu oleh stres dan seringkali terjadi secara berulang.

Baca juga: Mantan Istri Selingkuh, Will Smith Ungkap Kebenaran Soal Dia yang Punya Hubungan Lain

Cara Mengatasinya

Ilustrasi
(Unsplash/Jared Rice)

Dalam pengobatannya, nantinya dokter akan mengobati gejala fisik yang dialami dan juga mengobati kondisi mental atau psikis yang menyebabkan munculnya keluhan fisik pada pasien.

Setelah keluhan fisiknya ditangani, pasien mungkin akan dirujuk ke psikiater untuk diperiksa dan diterapi kondisi psikologisnya.

Psikiater nantinya akan melakukan beberapa metode pengobatan, seperti psikoterapi, hipnoterapi atau dengan menggunakan obat-obatan untuk mengurangi keluhan fisik yang berhubungan dengan depresi pasien.

Artikel Menarik Lainnya:

Abul Muamar
Putri Octapia Saragih
JOIN US
JOIN US