Awas! Ini yang akan Terjadi Pada Tubuhmu Jika Sering Begadang
Ilustrasi begadang. (medicalnewstoday.com)
Health

Awas! Ini yang akan Terjadi Pada Tubuhmu Jika Sering Begadang

Senin, 17 Februari 2020 11:15 WIB 17 Februari 2020, 11:15 WIB

INDOZONE.ID - Tidur merupakan kebutuhan setiap manusia, terlebih tidur yang berkualitas. Namun tidak semua orang bisa tidur setiap malam. Hal ini disebabkan banyak faktor, misalnya bekerja lembur.

Perlu diketahui bahwa bekerja lembur secara terus menerus hingga menyita waktu tidur bukanlah yang baik. Begadang bisa menimbulkan efek samping yang besar pada kesehatan tubuh.

Melansir Bestlife, inilah yang akan terjadi pada tubuh jika terlalu sering begadang.

1. Berat Badan Meningkat

berat badan meningkat
Ilustrasi menimbang berat badan. (Unsplash/@yunmai)

Sebuah studi di tahun 2006 dilakukan terhadap 68.000 wanita yang dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology, mengungkapkan bahwa orang yang tidur lima jam atau kurang dari itu, berat badannya bertambah 1,2 kilogram lebih daripada orang yang tidur nyenyak tiap malam.

2. Sistem Imun Melemah

sistem imun
Ilustrasi sistem imun tubuh. (sciencemag.org)

Kebiasaan begadang dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh. Hal ini diakibatkan sistem yang terlibat dalam sirkulasi sel darah putih menjadi terganggu karena tubuh belum cukup istirahat. Padahal sel darah putih dapat membantu menangkal infeksi dan penyakit.

3. Beresiko Terkena Penyakit Alzheimer

alzheimer
Ilustrasi penyakit alzheimer. (imirante.com)

Ketika seseorang terkena penyakit Alzheimer, protein yang dikenal sebagai amiloid-beta menumpuk di otak dan mengganggu fungsi sel. Hanya satu malam begadang dapat meningkatkan kadar amiloid-beta di otak secara signifikan. Itu berarti kurang tidur secara kronis dapat merusak fungsi kognitif otak dari waktu ke waktu.

4. Makan Lebih Banyak

makan banyak
Ilustrasi orang makan banyak. (busy.org)

Menurut sebuah analisis tahun 2016 dari 17 studi yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition, ditemukan bahwa orang yang terbiasa begadang di malam hari, akan makan rata-rata 385 kalori lebih banyak pada hari berikutnya daripada yang tidur delapan jam.

5. Mengganggu Kesehatan Jantung

jantung
Ilustrasi masalah jantung. (medscape.com)

Berdasarkan penelitian tahun 2010 terkait pengaruh begadang pada kesehatan jantung yang dipublikasikan dalam jurnal Current Cardiology Reviews, diperoleh kesimpulan bahwa begadang dan tidur lima jam atau kurang secara langsung berkaitan dengan peningkatan risiko hipertensi dan jantung koroner.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Zal
Laila Rahmi Batubara