The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tips Terhindar Penularan Virus Corona ala Dinas Kesehatan DKI
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dr. Dwi Oktavia, memberikan imbauan agar masyarakat terhindar dari virus corona. (Antaranews/Kuntum Khaira Riswan)
Health

Tips Terhindar Penularan Virus Corona ala Dinas Kesehatan DKI

Ini imbauan.

Sabtu, 15 Februari 2020 14:26 WIB 15 Februari 2020, 14:26 WIB

INDOZONE.ID - Virus corona atau Covid-19 kini menjadi ancaman yang sangat serius bagi dunia. Badan Kesehatan Dunia (WHO) bahkan telah menetapkan virus tersebut sebagai kegawatdaruratan kesehatan masyarakat yang meresahkan dunia. 

Setidaknya telah ditemukan 43.103 kasus Covid-19 di 25 negara dengan 1.018 orang meninggal dunia. Penyebaran virus ini pun dikabarkan terus berlangsung. 

Kepala Bidang Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, dr. Dwi Oktavia, meminta masyarakat untuk waspada. Dia mengimbau beberapa hal agar masyarakat terjangkit virus corona.
 
Ia juga menyarankan masyarakat yang mengalami gejala demam, batuk, sesak nafas dan baru kembali dari negara terjangkit dalam 14 hari sebelum sakit agar segera berobat ke puskesmas atau rumah sakit terdekat. 

"Berikan informasi kepada dokter dan tenaga kesehatan tentang riwayat perjalanan," tutur dr. Dewi kepada Indozone, Sabtu (15/2/2020).

Dewi meminta masyarakat menerapkan etika batuk, yaitu menutup mulut serta hidung saat bersin atau batuk. Lalu, lanjut dia, juga disarankan agar sering mencuci tangan terutama setelah batuk atau bersin.

"Sebelum dan sesudah menyiapkan makanan, sebelum makan, setelah menggunakan toilet dan setelah merawat binatang," tambahnya. 

Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun juga bisa jadi cara pencegahan tertular virus corona. Jika tidak tersedia air, lanjutnya, dapat menggunakan cairan pembersih tangan yang mengandung alkohol 70-80%.
 
Dia juga meminta masyarakat untuk selalu menggunakan masker bedah jika memiliki sakit dengan gejala infeksi saluran napas. Tentunya segera berobat jika menderita penyakit tersebut.

"Jika sedang sakit kurangi aktifitas di luar rumah dan hindari kontak dengan orang lain," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US