The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Menggoda untuk Buka Puasa, Ini Tips dari Dokter Jika Ingin Makan Gorengan
Ilustrasi gorengan (Freepik/dashu83)
Health

Menggoda untuk Buka Puasa, Ini Tips dari Dokter Jika Ingin Makan Gorengan

Sabtu, 25 Maret 2023 08:59 WIB 25 Maret 2023, 08:59 WIB

INDOZONE.ID - Gorengan menjadi salah satu kudapan yang "laris" dipilih orang-orang untuk berbuka puasa. Lantaran memiliki efek untuk kesehatan, coba deh ikutin tips dari dokter berikut jika ingin makan gorengan.

Pakar kesehatan dr Fanny R Imannuddin, M.Biomed (AAM ), ABAARM menyarankan penggunaan tepung singkong atau mocaf dan jagung, untuk dipakai dalam adonan gorengan dibandingkan tepung lainnya.

Baca juga: Bukan Nasi Apalagi Gorengan, Ini Makanan Sehat yang Harus Dimakan setelah Olahraga

"Saya lebih menganjurkan tepung singkong, mocaf, akan jauh lebih sehat atau jagung atau tepung almond," ujar dia dalam IG Live Morula IVF bersama Cookpad Indonesia bertajuk 'Puasa Itu Menyehatkan'," ungkap Fanny, Jumat (24/3/2023).

Dr Fanny tidak menyarankan penambahan tepung beras dalam adonan gorengan. Walaupun bagi sebagian orang dapat menambah sensasi renyah dalam hidangan.

"Sebaiknya murni saja karena kalau dari beras itu glutten cukup tinggi. Kalau konsumsi yang gluttennya cukup tinggi, proteinnya itu nanti lengket di pencernaan akhirnya nutrisi jadi tidak lancar, tidak bisa diambil secara maksimal," bebernya.

gorengan untuk buka puasa
Ilustrasi gorengan (Freepik)

Baca juga: Viral! Nenek 88 tahun Masih Jualan Gorengan Bikin Haru, Harganya Murah Cuma Rp500 Aja

Sementara dari sisi penggunaan minyak goreng, Fanny mengingatkan orang-orang sebaiknya memilih minyak kelapa karena termasuk lemak jenuh yang masih dianggap sehat.

Tidak hanya itu, dia juga menyarankan penggunaan minyak tidak dilakukan berulangkali, apalagi sampai warnanya menghitam agar tidak berubah menjadi lemak trans.

"Kalau gorengan yang kita konsumsi dari minyak yang berkali-kali dipakai, warnanya sampai berubah hitam tentunya trans fatnya sudah tinggi. Yang kita harapkan konsumsi makanan rendah trans fat," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dewi Kania
Putri
Dewi Kania
Editor
Putri
Writer
JOIN US
JOIN US