The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hari Gizi Nasional 2023, Pakar Ingatkan Pentingnya Protein Hewani Cegah Bayi Stunting
Ilustrasi bayi stunting (Freepik/rawpixel.com)
Health

Hari Gizi Nasional 2023, Pakar Ingatkan Pentingnya Protein Hewani Cegah Bayi Stunting

Begini penjelasan pakar.

Rabu, 25 Januari 2023 10:00 WIB 25 Januari 2023, 10:00 WIB

INDOZONE.ID - Pakar nutrisi dan penyakit metabolik anak Prof. dr. Damayanti Rusli Sjarif, Ph.D, SpA(K) mengingatkan pentingnya mengonsumsi protein hewani untuk mencegah stunting.

Hal itu diungkap Damayanti dalam memperingati Hari Gizi Nasional (HGN) yang jatuh pada hari ini, 25 Januari 2023.

Baca juga: Komit Tangani Stunting, Hevearita Gunaryanti Launching Germas Serentak di 177 Kelurahan

"Stunting itu sebenarnya bisa terjadi pada saat dia lahir. Itu 20 persen pada bayi-bayi yang lahir prematur dan berat badan lahir rendah. Kemudian 20 persen lagi bisa terjadi pada saat pemberian ASI," kata Damayanti, dalam diskusi daring, Selasa (24/1/2023).

"Kemudian 50 persen karena MPASI (makanan pendamping ASI), di mana (bayi) tidak mendapat protein hewani yang cukup," kata Damayanti Rusli Sjarif," sambungnya.

Peringatan Hari Gizi Nasional tahun ini mengusung tema "Protein Hewani Cegah Stunting". Damayanti mengatakan, untuk mencegah stunting, setiap batita perlu mendapat asupan protein dari ayam, telur, daging cincang, ikan, hingga susu sapi UHT.

protein hewani cegah bayi stunting
Ilustrasi protein hewani (freepik)

Baca juga: Emak-emak Harus Tahu! Ini Makanan yang Harus Dikonsumsi untuk Cegah Anak dari Stunting

Selain dari sisi jenis makanan, pemberian porsinya juga harus tepat, agar kebutuhan protein harian anak tercukupi dengan baik.

"Umur 6 sampai 8 bulan itu 70 persen sumber energi itu masih dari ASI. Jadi dari MPASI hanya 30 persen yaitu 200 kkal. Kebutuhan protein harian untuk usia ini 15 gram atau 30 persen protein hewani minimal yang harus terpenuhi. Jadi kasih 1 butir telur ayam masih bisa nih di usia 6 sampai 8 bulan dalam sehari," bebernya.

"Kalau 9 sampai 11 bulan dia perlunya 15 gram protein per hari, jadi 1 butir telur ayam sama 1/2 hati ayam. Atau dalam 12 sampai 24 bulan, dia ASI-nya cuma tinggal 30 persen, sisanya harus dilengkapi dari MPASI, termasuk proteinnya 20 gram per hari jadi 1 butir telur ayam dengan 30 gr ikan kembung, tambah 1 susu UHT," lanjutnya.

Sementara itu, anak yang berusia 24 hingga 60 bulan kata Damayanti, kebutuhan energi MPASI-nya sebesar 1400 kkal atau 25 gram protein per hari. Sehingga, orang tua dapat memberikan 2 butir telur, 1 hati ayam atau 30 gram daging merah, 2 susu UHT atau 30 gram teri nasi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina Agustina
Putri
Putri
Writer
TERKAIT DENGAN INI
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US