Kebiasaan Ini Bikin Tidurmu Tak Berkualitas. Segera Hindari!
Ilustrasi pria tertidur (Unsplash)
Health

Kebiasaan Ini Bikin Tidurmu Tak Berkualitas. Segera Hindari!

Minggu, 15 Maret 2020 17:50 WIB 15 Maret 2020, 17:50 WIB

INDOZONE.ID - Kebanyakan orang dewasa, butuh 7-8 jam untuk tidur setiap hari. Sayangnya, kebiasaan buruk dan gaya hidup tidak sehat bisa membuat kamu tidur kurang dari waktu tersebut.

Padahal, menurut National Institute For Health, gangguan tidur dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan fisik dan mental. Berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa menganggu kualitas tidur, dilansir dari Boldsky.

1. Terlambat makan malam

Ilustrasi makan malam terlambat ganggu kualitas tidur
Ilustrasi makan malam (Unsplash)

Makan di atas jam 10 malam bisa memengaruhi kualitas tidurmu. Usahakan makan malam sebelum jam 10 malam dan tidak makan lagi di atas jam tersebut.

2. Memakan buah jeruk di malam hari

Jeruk bisa mengganggu kualitas tidur
Ilustrasi jeruk (Unsplash)

Makan jeruk atau grapefruit di malam hari bisa membuat perutmu mulas sehingga sangat mengganggu. Selain itu, buah ini juga bisa membuatmu gelisah dalam tidur.

3. Tidak makan apa pun sebelum tidur

Tidur dengan perut kosong ganggu kualitas tidur
Ilustrasi pria tidur dengan perut kosong (Unsplash)

Usahakan jangan sampai tidak makan, atau makan terlalu banyak sebelum tidur. Ini bisa membuat tidurmu kurang nyenyak. Waktu terbaik untuk tidur adalah 2-3 jam setelah makan malam.

4. Bermain ponsel di tempat tidur

Memakai ponsel di malam hari ganggu kualitas tidur
Ilustrasi menggunakan ponsel (Unsplash)

Sudah menjadi rahasia umum bahwa cahaya dari ponsel bisa memengaruhi ritme sirkadian tubuh. Cahaya ini juga bisa memancing produksi hormon yang meningkatkan kewaspadaan.

5. Melakukan olahraga sebelum tidur

berolahraga sebelum tidur ganggu tidur
Ilustrasi berolahraga sebelum tidur (Unsplash)

Berdasarkan penelitian, olahraga bisa membuatmu langsung tertidur karena kelelahan. Tapi, tidurmu menjadi tidak nyenyak dan tidak berkualitas. Jika ingin berolahraga, upayakan di pagi hari saja.

6. Mencuci wajah dengan air dingin sebelum tidur

mencuci wajah sebelum tidur ganggu tidur
Ilustrasi mencuci wajah sebelum tidur (Unsplash)

Mencuci wajah dengan air dingin di malam hari bukanlah ide yang baik. Air dingin malah merangsang tubuh untuk melepaskan energi agar kamu tetap terjaga. Jadi, basuhlah wajah dengan air hangat sebelum tidur.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU