Ini Resiko Kesehatan yang Timbul Akibat Menahan Kentut
Ilustrasi/mirror.co.uk
Health

Ini Resiko Kesehatan yang Timbul Akibat Menahan Kentut

Rabu, 08 Januari 2020 12:01 WIB 08 Januari 2020, 12:01 WIB

INDOZONE.ID - Kentut adalah gas atau udara yang terjebak dalam perut dan berasal dari berbagai sumber. Kemudian kentut keluar melalui lubang di bagian bokong. Kentut bisa berbunyi kencang dan berbau tidak sedap tergantung dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Perilaku kentut sembarangan memang memalukan. Oleh sebab itu sebagian orang memilih menahan kentut daripada menanggung malu.Ternyata, menahan kentut tidak baik bagi kesehatan. Berikut bahaya yang mengintai bila menahan kentut.

1. Keracunan Gas

keracunan gas di usus besar
Ilustrasi/medicalnewstoday.com

Berusaha menahan kentut mengakibatkan intensitas tekanan parsial dalam rongga usus lebih tinggi daripada tekanan parsial dalam darah. Sehingga gas akan masuk ke dalam pembuluh darah yang ada di dinding usus lalu menyebar ke seluruh tubuh.

2.  Infeksi Diverticulosis

bahaya menahan kentut
Ilustrasi/canva.com

Infeksi Diverticulosis bisa timbul karena menahan kentut. Hal ini berupa pembentukan kantung-kantung kecil pada lapisan usus besar. Akibatnya, bisa sakit perut, demam, mual, dan mengganggu buang air besar.

3. Wasir

menahan kentut bisa berakibat wasir
Ilustrasi/jacquelinedemarchi.com.br

Wasir juga bisa timbul karena kebiasaan menahan kentut. Gerakan berlebihan pada dubur saat menahan kentut menjadikan otot-otot di sekitarnya menegang dan memicu pembuluh darah melebar. Hal ini mengundang wasir terjadi.

4. Peritonitis

bahaya menahan kentut
Ilustrasi/medicalnewstoday.com

Peritonitis merupakan peradangan peritoneum, yaitu jaringan yang melapisi dinding bagian dalam perut mencakup sebagian besar organ perut. Oleh sebab itu hindari menahan kentut agar peritonitis tidak terjadi.

TAG
Laila Rahmi Batubara

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU