Jangan Minum Kopi Saat Perut Kosong di Pagi Hari, Ini Bahayanya
Ilustrasi minum kopi di pagi hari. (Ilustrasi/secretlondon.com)
Health

Jangan Minum Kopi Saat Perut Kosong di Pagi Hari, Ini Bahayanya

Jumat, 14 Februari 2020 11:00 WIB 14 Februari 2020, 11:00 WIB

INDOZONE.ID - Sebagian orang merasa bahwa minum kopi adalah bagian dari gaya hidup. Tidak sedikit orang juga yang mempunyai kebiasaan minum kopi di pagi hari sebelum makan. Ternyata, hal itu berbahaya bagi kesehatan tubuh. Mengutip Healthline, inilah sejumlah bahaya bila konsumsi kopi dalam kondisi perut kosong.

1.Menekan Produksi Hormon Kortisol

hormon kortisol
Ilustrasi/medicalexpress.com

Hormon kortisol berupa alarm alami tubuh yang membantu membangunkan di pagi hari dan mengantuk di malam hari. Jika minum kopi di pagi hari dalam keadaan perut kosong maka produksi hormon ini akan terganggu.

Ketika hari sudah pagi, otak melepaskan banyak produksi kortisol untuk membangunkan dari tidur. Ini menyebabkan produksi kortisol menurun dan tubuh menjadi bergantung pada kafein untuk melek.

2. Menimbulkan Kecemasan dan Stres

cemas dan stres
Ilustrasi/medium.com

Kandungan kafein yang termasuk zat psikoaktif merangsang sistem saraf untuk bekerja sehingga minum kopi dalam keadaan perut kosong dapat meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah. Maka tubuh akan mudah stres dan mengalami kecemasan.

3. Asam Lambung Naik

asam lambung naik
Ilustrasi/askhealthnews.com

Sudah terbukti bahwa kopi dapat merangsang produksi asam meski kopi dekafein. Maka dari itu, minum kopi saat perut kosong di pagi hari dapat meningkatkan keasaman lambung sehingga menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan sepanjang hari.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Zal
Laila Rahmi Batubara

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU