Tidur Dalam Kondisi Lampu Menyala Membuatmu Gemuk
HuffPost
Health

Tidur Dalam Kondisi Lampu Menyala Membuatmu Gemuk

Alfath
Rabu, 12 Juni 2019 13:44 WIB 12 Juni 2019, 13:44 WIB
Mungkin kamu heran mengapa kita tidak boleh tidur dekat dengan tv, ponsel atau barang elektronik lainnya yang menghasilkan cahaya buatan. Ternyata ada kaitannya dengan obesitas loh!

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa tidur dengan cahaya buatan dari televisi, komputer, ponsel, bahkan lampu, mampu meningkatkan risiko obesitas, khususnya bagi para wanita.

Hasil penelitian menemukan bahwa seseorang yang tidur dengan lampu kamar atau televisi, 17 persen lebih berisiko menjadi gemuk selama enam tahun dibandingkan mereka yang tidak terpapar.

"Paparan cahaya buatan di malam hari, dapat mengubah hormon dan proses biologis lainnya dengan cara yang meningkatkan risiko kondisi kesehatan seperti obesitas," kata salah satu penulis, Chandra Jackson.

Hasil penelitian ini pun menganjurkan kamu untuk tidur tanpa tambahan cahaya seperti lampu kamar, cahaya dari televisi ataupun cahaya dari ponsel.

"Mengurangi paparan cahaya buatan pada malam hari saat tidur, mungkin merupakan strategi yang berguna untuk mencegah obesitas," kata Dr. Yong-Moon Park, ketua penelitian dan Dale Sandler dari National Institute of Environmental Health Sciences seperi dikutip dari Live Science.
    Indozone Media
    Indozone Media

    Alfath

    Editor