The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sembuh dari Infeksi Virus Corona, Bagaimana Nasib WNI di Singapura?
Ilustrasi turis memakai masker di Singapura. (REUTERS/Feline Lim)
Health

Sembuh dari Infeksi Virus Corona, Bagaimana Nasib WNI di Singapura?

Sudah dipulangkan.

Jumat, 21 Februari 2020 17:49 WIB 21 Februari 2020, 17:49 WIB

INDOZONE.ID - Setelah menjalani perawatan pasca terinfeksi virus corona atau Covid-19, WNI di Singapura dinyatakan sembuh. WNI tersebut telah dipulangkan dari rumah sakit. Hal ini diungkapkan oleh KBRI Singapura lewat pernyataan resmi beberapa hari lalu.

Dalam pernyataan resmi tersebut dikatakan, pihak Kementerian Kesehatan Singapura menyampaikan bahwa WNI yang dinyatakan sebagai kasus ke-21 positif Covid-19 telah sembuh dan negatif virus corona. WNI juga telah dipulangkan dari rumah sakit. Hanya saja identitas WNI tidak diberikan lebih detail.

Hal tersebut lantaran ada hukum Singapura yang mengatur perlindungan privasi seseorang. Dengan demikian, identitas WNI tidak diketahui. Informasi yang diungkapkan sebatas jenis kelamin dan usia yakni perempuan berusia 44 tahun. Walau begitu, kondisi WNI dipastikan baik.

Sebelumnya diberitakan WNI yang terinfeksi Covid-19 di Singapura bekerja sebagai asisten rumah tangga (ART). Ia tertular dari majikannya yang juga positif terkena virus. Lantas setelah dinyatakan sembuh, bagaimana nasib WNI tersebut selanjutnya?

Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dr Achmad Yurianto mengatakan WNI tersebut belum bisa dipulangkan. Hal ini dikarenakan WNI terikat kontrak kerja dengan majikannya. Oleh karena itu, langkah yang akan diambil selanjutnya menunggu keputusan majikan.

"WNI ini kan ada kontrak kerja, tidak boleh kemudian secara sepihak kita ambil. Ini yang tengah kita bicarakan," ujar Yurianto dalam temu media, Jumat (21/2/2020) di Gedung Kemenkes, Jakarta Selatan.

Yurianto menambahkan, pemerintah berharap majikan WNI tersebut memiliki kebijakan untuk mengizinkan WNI pulang ke kampung halaman dan melihat keluarga lalu baru kembali bekerja.

"Seperti cuti gitu. Sebab kasihan kalau di PHK. Mudah-mudahan kita segera mendapat kebijakan terbaik dari majikannya," pungkas Yurianto.
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US