The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

WHO Larang Klorokuin Jadi Obat Virus Corona, Apa Fungsi Sebenarnya?
Obat malaria, Chloroquine yang dilarang digunakan utuk obati pasien virus corona.(ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)
Health

WHO Larang Klorokuin Jadi Obat Virus Corona, Apa Fungsi Sebenarnya?

Ini fungsinya.

Kamis, 28 Mei 2020 15:50 WIB 28 Mei 2020, 15:50 WIB

INDOZONE.ID - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melarang penggunaan obat chloroquine atau klorokuin, dan sejenisnya seperti hidroklorokuin, untuk pasien yang terinfeksi virus corona (Covid-19).

Bahkan, WHO sudah menghentikan uji coba massif pada hidroklorkuin karena masalah keamanan. Lalu, apa fungsi sebenarnya obat klorokuin dan hidroklorokuin itu?

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (28/5/2020), klorokuin dan hidroklorokuin adalah obat yang digunakan untuk mencegah dan mengatasi penyakit malaria.

WHO Larang Hidroklorokuin Jadi Obat Virus Corona, Apa Fungsi Sebenarnya?
Obat hidroklorokuin. (Instagram/@ivan_bruno_scrittore).

Hidroklorokuin bekerja dengan cara mematikan parasit penyebab malaria. Namun, obat ini tidak dapat bekerja terhadap beberapa jenis malaria yang sudah kebal terhadap klorokuin.

Selain itu, obat ini juga bisa digunakan untuk menangani penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh atau auto-imun, seperti lupus atau peradangan sendi (rheumatoid arthritis). Hidroklorokuin bekerja dengan memengaruhi sistem imun penderita.

Jika kamu ingin mengonsumsi obat ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter dan ikuti anjuran yang diberikan.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Yulia Marianti

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US