The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Kamu Hanya Makan Oat Setiap Hari
Ilustrasi Oat (Foto: Instagram/@roro_healthy_um_dody)
Health

Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Kamu Hanya Makan Oat Setiap Hari

Makanan Sehat

Rabu, 16 Desember 2020 17:51 WIB 16 Desember 2020, 17:51 WIB

INDOZONE.ID - Kamu tentu sering mendengar oat digunakan sebagai menu andalan bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Biasanya oat dikonsumsi pada pagi hari sebagai menu sarapan dengan tambahan madu, buah-buahan, atau susu. Dilansir dari thelist, oat sangat kaya akan antioksidan dan termasuk sebagai superfood.

Selain itu, oat juga mengandung banyak serat dan protein, memiliki nilai gizi tinggi, serta mengandung banyak vitamin dan mineral. Bukan hanya itu, oat dianggap biasa membantu proses metabolisme tubuh dan membuat tubuh kenyang lebih lama. Sehingga, oat sangat cocok digunakan sebagai makanan untuk diet. 

Baca Juga: Cara Mengolah Kulit Jeruk Menjadi Permen

Kamu juga tak perlu khawatir kekurangan banyak energi dengan mengonsumsi oat. Sebab, oat bisa membuat sel tubuh menghasilkan banyak energi. Dari beragam manfaat tersebut, tak jarang orang hanya mengonsumsi oat setiap hari tanpa pendamping makanan apapun.

Hal ini biasanya lakukan agar mereka bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Nah, berikut ini adalah hal yang akan terjadi jika kamu hanya mengonsumsi oat setiap hari. Pada minggu pertama, kamu akan kehilangan kalori sekitar 900-1200 per hari jika kamu hanya mengonsumsi oat tiga kali sehari.

Kehilangan kalori dalam jumlah banyak bisa membuatmu kehilangan massa otot. Selain itu, metabolisme tubuh juga jadi lambat dan dapat berpengaruh pada fungsi tubuh. Hanya mengonsumsi oat setiap hari juga bisa membuat kamu kekurangan nutrisi karena tidak ada asupan makanan lain yang masuk ke dalam tubuh.

Sehingga, hal ini dapat menimbulkan beberapa resiko kesehatan. Misalnya saja, kamu akan mengalami pusing dan lemas hingga gangguan kesehatan kronis, seperti kanker. Pada minggu awal mengonsumsi oat, kamu mungkin akan mengalami penurunan berat badan secara signifikan akibat kurangnya kalori yang masuk ke dalam tubuh. 

Namun, pada minggu-minggu berikutnya kamu sudah tak bisa lagi menurunkan berat badan. Bahkan, berat badanmu malah akan naik secara drastis melebih berat badanmu sebelumnya. Jadi, jika kamu ingin diet menggunakan oat, kamu harus menyeimbangkannya dengan asupan nutrisi dan gizi dan makanan lain agar kamu bisa merasakan manfaatnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Dita Rana
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US