The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Bahaya Merokok yang Hanya Dialami Perempuan
Ilustrasi wanita merokok (Pexels/Emre Kuzu)
Health

Ini Bahaya Merokok yang Hanya Dialami Perempuan

Selasa, 02 Juni 2020 17:33 WIB 02 Juni 2020, 17:33 WIB

INDOZONE.ID - Rokok sangat membahayakan bagi orang yang mengisapnya, seperti yang sudah dicatat oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sekitar 1 miliar orang di dunia yang merokok, 200 juta di antaranya adalah perempuan.

Perempuan atau laki-laki sama-sama memiliki dampak buruk saat merokok.  Tapi ada pengaruh buruk yang hanya dialami perempuan perokok. Berikut ini dampak buruknya seperti yang dijelaskan pakar kesehatan paru-paru dari India Bornali Dutta kepada Indian Express.

1. Gangguan menstruasi

Perempuan yang merokok akan mempengaruhi menstruasi, khususnya gejala pramenstruasi yang parah dan peningkatan kram. Hal ini juga mempengaruhi kesuburan perempuan.

2. Mempercepat menopause

Perempuan yang merokok juga akan mengalami menopause lebih cepat. Ini terjadi karena kandungan nikotin mengganggu suplai darah ke ovarium, yang mengurangi fungsinya memproduksi hormon estrogen.

3. Penuaan dini

Perempuan perokok juga cenderung akan mengalami penuaan dini, seperti munculnya kerutan, dan berbagai tanda penuaan lainnya.

4. Osteoporosis

Perempuan merokok juga umumnya akan menyebabkan osteoporosis, karena rokok mengurangi kepadatan mineral tulang pada wanita.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri
JOIN US
JOIN US