The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cara Sederhana Meningkatkan Kesehatan Usus Kamu, Apa Saja?
Ilustrasi usus (photo/Pixabay/Elionas2)
Health

Cara Sederhana Meningkatkan Kesehatan Usus Kamu, Apa Saja?

Sabtu, 11 Juli 2020 20:00 WIB 11 Juli 2020, 20:00 WIB

INDOZONE.ID - Sebagian besar dari kita mencoba untuk mengatur kadar lemak dan tingkat kolesterol agar jantung dan organ lain kita tetap sehat.

Tetapi kamu juga harus tau bahwa mikroorganisme yang ada di dalam usus kita juga bertanggung jawab untuk menjaga organ-organ ini tetap dalam kondisi yang sehat.

Menjaga kesehatan usus kamu berarti menjaga keseimbangan antara triliunan bakteri, virus, dan jamur yang ada di saluran pencernaan kamu.

Berikut beberapa cara sederhana agar usus kamu tetapi sehat:

1. Prebiotik dan probiotik

Ilustrasi prebiotik dan probiotik
Ilustrasi prebiotik dan probiotik (photo/foodrevolution)

Istilah 'prebiotik' dan 'probiotik' mungkin membingungkan banyak orang, tetapi faktanya keduanya bermanfaat bagi usus kamu.

Prebiotik adalah bahan makanan yang mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus. Sedangkan, probiotik adalah bakteri yang baik itu sendiri.

Sebuah studi menyimpulkan bahwa konsumsi probiotik menjaga mikroorganisme usus tetap sehat dan mencegah peradangan usus dan masalah lainnya.

Selain itu, dilaporkan juga bahwa 'prebiotik' membantu 'probiotik' menjadi lebih toleran terhadap perubahan tiba-tiba pada pH dan suhu ketika mereka memasuki tubuh.

Makanan fermentasi seperti yogurt, keju, dan kimchi adalah sumber alami probiotik. Sedangkan makanan yang kaya akan prebiotik adalah asparagus, pisang, bawang putih, bawang merah, dan biji-bijian.

Kamu juga bisa menggunakan suplemen prebiotik dan probiotik, namun kamu harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

2. Tidur nyenyak

Ilustrasi tidur
Ilustrasi tidur (photo/Unsplash/Gregory Pappas)

Pola tidur yang tepat membantu meningkatkan mood, kemampuan kognitif otak dan kesehatan usus. Berbagai penelitian telah mengungkapkan bahwa orang yang tidak bisa tidur nyenyak lebih rentan terhadap obesitas dan diabetes tipe 2.

Berdasarkan sebuah penelitian, pola tidur yang tidak teratur atau gangguan tidur yang terus berlanjut dapat merusak usus mikroflora, sehingga meningkatkan kemungkinan terjadinya peradangan.

Kamu harus mencoba tidur pada waktu yang sama setiap hari. Hindari menggunakan perangkat elektronik satu jam sebelum kamu tidur, karena ini akan membantu kamu mempertahankan siklus tidur kamu. 

Idealnya, orang dewasa harus tidur setidaknya tujuh jam setiap hari.

3. Diet tinggi serat

Ilustrasi pisang
Ilustrasi pisang (photo/Pexels/Kio)

Diet tinggi serat diketahui dapat meningkatkan pencernaan dan membantu mempertahankan mikroflora usus yang tepat.

Makanan seperti kacang-kacangan, kacang polong, gandum, pisang, beri, dan asparagus mengandung banyak serat yang telah dikenal dapat meningkatkan kesehatan usus.

4. Berhenti merokok

Ilustrasi merokok
Ilustrasi merokok (photo/Pixabay/Enrique Meseguer)

Merokok diketahui dapat merusak jaringan dan sel paru-paru dan dapat merusak mikrobioma usus.

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa jika seseorang telah merokok selama lebih dari 16 tahun, mikroorganisme usus tidak hanya rusak dan menurun, tetapi juga memunculkan mikroorganisme berbahaya.

Mikroorganisme berbahaya ini dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti penyakit radang usus dan penyakit Crohn.

5. Hindari penggunaan antibiotik yang tidak penting

Ilustrasi antibiotik
Ilustrasi antibiotik (photo/Unsplash/freestocks)

Meskipun antibiotik diperlukan untuk memerangi banyak penyakit, terlalu sering menggunakan antibiotik juga dapat mengganggu usus mikroflora.

Dalam sebuah penelitian, terlihat bahwa penggunaan antibiotik yang tidak perlu (seperti flu biasa) dapat merusak mikrobiota usus dan merusak imunitasnya.

Dilaporkan juga bahwa bahkan setelah 6 bulan penggunaannya, usus masih terus kehilangan beberapa spesies bakteri baik.

Dokter harus memberi alternatif untuk antibiotik karena kita tidak boleh menggunakan antibiotik tanpa rekomendasi dokter.

Nah, itulah beberapa cara meningkatkan kesehatan usus yang #KAMUHARUSTAU. Semoga artikel berikut memberikan informasi bermanfaat untuk kamu semua. 

Jangan lupa untuk terus ikuti berita maupun artikel terbaru lainnya ya, hanya di INDOZONE.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
jimmy
jimmy

Jimmy

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US