The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

3 Makanan Ini Membantu Mencegah Penyumbatan Arteri
Buah beri (Pexels/Suzy Hazelwood)
Health

3 Makanan Ini Membantu Mencegah Penyumbatan Arteri

Selasa, 17 November 2020 11:52 WIB 17 November 2020, 11:52 WIB

INDOZONE.ID - Aterosklerosis terjadi ketika timbunan lemak menumpuk di sepanjang dinding arteri. Hal tersebut menyebabkan arteri menyempit dan membatasi aliran darah ke jantung dan bagian tubuh lainnya.

Karena arteri yang tersumbat bisa membahayakan kesehatan untuk itu perlu untuk kamu hindari risiko ini terjadi. Salah satu caranya ialah dengan mengonsumsi makanan berikut ini.

Dilansir dari Healthline, berikut beberapa makanan yang dapat membantu mencegah penyumbatan arteri.

1. Buah beri

Buah beri termasuk blueberry, stroberi, cranberry, raspberry, dan blackberry. Buah ini dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan yang mengesankan, termasuk kemampuannya untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung.

Buah beri dapat membantu mencegah penyumbatan arteri dengan mengurangi peradangan dan penumpukan kolesterol, meningkatkan fungsi arteri, dan melindungi dari kerusakan sel.

buah beri
Beri (Pexels/Susanne Jutzeler)

2. Kacang

Kacang kaya akan serat dan terkenal dengan manfaat kesehatan jantungnya. Makan makanan kaya serat seperti kacang-kacangan sangat penting untuk mencegah aterosklerosis.

Makan kacang-kacangan adalah cara terbaik untuk menjaga kadar kolesterol, sehingga mengurangi risiko penyumbatan arteri. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa makan buncis dapat secara signifikan mengurangi kadar kolesterol LDL (jahat).

kacang
Kacang (Pexels/R Khalil)

3. Ikan

Ikan kaya dengan nutrisi penting termasuk lemak omega-3. Makanan yang kaya omega-3 dapat membantu mengurangi risiko aterosklerosis.

Sebuah studi pada 961 orang membandingkan peserta yang makan kurang dari satu porsi ikan per minggu dengan mereka yang makan dua atau lebih porsi ikan per minggu.

Hasilnya menemukan bahwa, 13 persen orang yang makan lebih sedikit memiliki risiko aterosklerosis di arteri karotis yang menghantarkan darah ke otak dibandingkan dengan mereka yang makan ikan risikonya hanya 6 persen.

ikan
Ikan (Pexels/Pixabay)

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri
JOIN US
JOIN US