The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Dikira Mulas Biasa, Ternyata Wanita Ini Idap Kanker Usus
Pauline Worthington (kiri) dan kedua anaknya. (Belfastlive)
Health

Dikira Mulas Biasa, Ternyata Wanita Ini Idap Kanker Usus

Selasa, 18 Mei 2021 11:47 WIB 18 Mei 2021, 11:47 WIB

INDOZONE.ID - Seorang wanita asal Dundonald, Irlandia Utara mengaku sering bolak balik rumah sakit karena mulas yang dirasakannya. Namun setelah dicek lebih lanjut, ternyata ia mengalami kanker usus.

Wanita bernama Pauline Worthington tersebut tak menyangka bahwa sakit yang dideritanya selami ini adalah kanker usus. Padahal dirinya mengaku tak ada merasakan gejala kanker usus.

"Saya tidak memiliki gejala umum kanker usus sebelumnya. Saya mengalami refluks asam di mana itu seperti rasa mulas di perut karena makan yang tidak teratur," jelas Pauline yang dikutip dari The Sun, Senin (17/5/2021).

"Saya diberi tablet untuk mengetahui gejala-gejalanya ketika saya pergi ke dokter umum, tetapi keadaan semakin memburuk sampai saya mulai melihat ada darah pada feses saya," lanjutnya.

Saat pertama kali ke rumah sakit, dokter mengatakan bahwa wanita berusia 42 tahun tersebut mengalami wasir. Dokter itu sendiri bahkan tak mengecek keadaannya lebih detail.

Namun ketika Pauline mengatakan bahwa fesesnya mengeluarkan darah, ia langsung diarahkan ke spesialis di Klinik Independen Ulster.

"Sejumlah tes dilakukan dalam beberapa minggu, salah satunya adalah kolonoskopi yang menunjukkan adanya pertumbuhan (kanker) di usus saya dan mengarah pada operasi pertama saya pada Desember 2019, di mana saya menjalani reseksi usus," kata Pauline.

Sayang, setelah diperiksa, kankernya sudah melebar. Ia pun mendapatkan penanganan serius di Klinik Bridgewater Rumah Sakit Kota Belfast. Sempat sembuh, ia pun dikabarkan sakit kembali dan tengah menjalani kemoterapi dan menjalani perawatan setiap dua minggu.

"Kanker usus adalah pembunuh terbesar kedua di Inggris. Ini sangat bisa disembuhkan, jika saja (penyakit) itu ditemukan lebih awal," ujar Pauline.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
JOIN US
JOIN US