The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Studi: Pasien Long Covid Memiliki Lebih dari 200 Gejala di 10 Sistem Organ Tubuh
Ilustrasi pasien Covid-19. (REUTERS/Nacho Doce)
Health

Studi: Pasien Long Covid Memiliki Lebih dari 200 Gejala di 10 Sistem Organ Tubuh

Jumat, 16 Juli 2021 11:39 WIB 16 Juli 2021, 11:39 WIB

INDOZONE.ID - Pasien yang mengalami Covid-19 dalam waktu lama melaporkan lebih dari 200 gejala di 10 sistem organ, menurut studi global terbesar hingga saat ini yang diterbitkan pada hari Kamis.

Peneliti membuat survei berbasis web yang dirancang untuk mengkarakterisasi profil gejala dan perjalanan waktu pada pasien dengan Covid yang dikonfirmasi atau diduga lama, yang mengalami gejala berkepanjangan.

Dengan tanggapan dari 3.762 peserta yang memenuhi syarat dari 56 negara, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal EClinicalMedicine, mengidentifikasi total 203 gejala dalam 10 sistem organ, di mana 66 gejala dilacak selama 7 bulan.

Gejala yang paling umum ialah kelelahan, malaise pasca-aktivitas, memburuknya gejala setelah aktivitas fisik atau mental dan disfungsi kognitif yang sering disebut kabut otak.

Gejala lain ialah halusinasi visual, tremor, kulit gatal, perubahan siklus menstruasi, disfungsi seksual, jantung berdebar,  masalah kontrol kandung kemih, herpes zoster, kehilangan memori, penglihatan kabur, diare dan tinnitus.

Para peneliti sekarang menyerukan pedoman klinis untuk menilai long Covid secara signifikan diperluas di luar tes fungsi kardiovaskula dan pernapasan yang disarankan saat ini.

Mengingat beragamnya gejala yang mempengaruhi berbagai sistem organ, hanya dengan mendeteksi akar penyebab pasien akan menerima perawatan yang benar, menurut para peneliti.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fitri
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US