The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ayam Tiren Digiling Jadi Bakso Diungkap Polisi Bantul, Kenali Bahayanya Bagi Kesehatan
Ilustrasi ayam potong. (Foto/Unsplash/JK Sloan)
Health

Ayam Tiren Digiling Jadi Bakso Diungkap Polisi Bantul, Kenali Bahayanya Bagi Kesehatan

Senin, 24 Januari 2022 20:35 WIB 24 Januari 2022, 20:35 WIB

INDOZONE.ID - Kasus penggunaan bangkai ayam atau ayam tiren dijadikan bahan baku bakso diungkap pihak Jajaran Reserse Kriminal Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pada saat penggerebekan pihak kepolisian menemukan bangkai ayam yang siap digiling di suatu tempat penggilingan untuk diproses menjadi bakso.

Seperti yang dikutip Buletin Udayana ojs.unud.ac.id ayam tiren merupakan ayam bangkai yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia jika dikonsumsi.

Ayam itu mati bukan karena disembelih, melainkan ayam yang sebelumnya telah mati disebabkan daya tahan yang kurang baik selama perjalanan atau terkena penyakit kemudian sengaja disembelih untuk dijual di pasar.

Beredarnya daging ayam tiren sangat meresahkan masyarakat.

Mereka takut mengkonsumsi daging ayam tiren, karena tidak sesuai dengan aspek aman, sehat, utuh, dan halal (ASUH).

Selain itu, daging ayam tiren tidak layak dikonsumsi, karena daging ini tidak baik bagi kesehatan.

Kandungan mikroorganisme pada daging ayam tiren meningkat drastis dari kondisi aman untuk dikonsumsi karena darah merupakan media yang baik untuk berkembangbiaknya bakteri.

Pada ayam yang disembelih, darah dikeluarkan sebanyak mungkin, sehingga karkas tidak mudah busuk, sementara pada daging ayam tiren darah tidak keluar sehingga menjadi media yang baik untuk pertumbuhan bakteri dan daging akan cepat busuk.

Sebelumnya dilansir Antara, kasus pembuatan bakso ayam tiren itu berawal dari laporan masyarakat sebelumnya yang masuk ke polisi menemukan adanya ayam bangkai atau tiren yang siap untuk digiling di suatu tempat penggilingan di wilayah Kecamatan Pleret.

"Setelah mendapat informasi tersebut anggota kami melakukan penyelidikan di lapangan, dan mengetahui bahwa ayam yang akan digiling tersebut adalah milik dari tersangka, kemudian dikembangkan dan dilakukan penyelidikan di rumah yang bersangkutan," kata Kapolres Bantul AKBP Ihsan di saat konferensi pers di Polres Bantul, Senin (24/1/2022).

Kapolres mengatakan, ternyata benar bahwa di rumah kedua tersangka tersebut ditemukan beberapa barang bukti pengolahan bakso tersebut, termasuk bahan baku ayam yang sudah menjadi bangkai yang akan diproduksi menjadi makanan itu.

"Kami berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan Bantul, untuk sama-sama ke sana, karena bagaimanapun ini perlu dicek terkait kandungan dan sebagainya. Dan pada saat di TKP kami menemukan beberapa barang bukti termasuk bakso yang sudah diproduksi," katanya.

Selain barang bukti bakso dan bangkai ayam, petugas juga menemukan dan menyita barang bukti dari rumah tersangka berupa dua unit freezer atau mesin pendingin, mesin adonan, genset, dan peralatan pendukung pengolahan bakso.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
JOIN US
JOIN US