Yuk Kenali Arti dari 5 Warna Urine Bagi  Kesehatan yang Kamu Harus Tau
Medicalnewstoday
Health

Yuk Kenali Arti dari 5 Warna Urine Bagi Kesehatan yang Kamu Harus Tau

Putri
Jumat, 08 November 2019 12:11 WIB 08 November 2019, 12:11 WIB

INDOZONE.ID - Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mendeteksi penyakit apa yang ada di dalam tubuh seseorang, salah satu yang banyak dilakukan ialah dengan menggunakan media darah.

Tak hanya darah, ternyata urine juga bisa digunakan untuk mendeteksi penyakit yang ada dalam tubuh seseorang. Jika diperhatikan, warna urine seseorang bisa berbeda-beda dalam suatu waktu. Hal ini disebabkan oleh kondisi tubuh yang berubah-ubah pula.

Ketika tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, maka warna urine yang keluar pun akan berbeda. Itu karena saat tubuh memproses makanan atau membuang racun seperti bahan kimia atau mineral tertentu, maka hasilnya bisa kita lihat di warna urine yang keluar.

Kalau sudah begini, ada baiknya jika kamu mengetahui arti dari warna urine. Nah, berikut ini INDOZONE rangkum arti warna urine untuk kesehatan.

1. Kuning pekat

uine
Medicalnewstoday

Jika urine berwarna kuning pekat itu berarti tubuh sedang mengalami dehidrasi. Dehidrasi sendiri dapat disebabkan oleh banyaknya cairan yang keluar dari tubuh tapi tidak sebanding dengan asupan cairan yang masuk dalam tubuh.

2. Cokelat

urine
Healthline

Warna urine yang pekat menunjukkan bahwa tubuh mengalami gangguan di bagian hati (liver) atau dehidrasi. Kalau sudah begini, ada baiknya jika kamu menambah asupan cairan. Jika setelah banyak minum, warna urine tak berubah, segera periksakan ke dokter.

3. Oranye

urine
Thrillist

Kalau warna urine oranye, kamu harus hati-hati. Karena ini menunjukkan adanya masalah pada hati atau saluran empedu. Apalagi jika ini disertai dengan warna feses yang pucat atau putih. Tak hanya itu, warna urine yang oranye juga berasal dari efek pengobatan seperti kemoterapi, obat pencahar, obat antiradang dan obat riboflavin dalam dosis tinggi.

4. Pink atau kemerahan

urine
Everyday Health

Warna urine yang pink atau kemerahan bisa saja dihasilkan dari makanan yang dikonsumsi sebelumnya, seperti buah bit, blueberry atau makanan dengan pewarna merah. Namun urine yang berwarna pink atau kemerahan juga merupakan pertanda adanya infeksi darah, masalah prostat atau penyakit ginjal.

5. Urine yang berbusa atau berbuih

urine
Health Hearty

Urine yang keluar disertai dengan busa atau berbuih dapat menjadi pertanda bahwa ada masalah pada ginjal atau tubuh yang kelebihan protein. Kalau sudah begini, ada baiknya jika kamu segera memeriksakannya ke dokter.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Putri
Putri

Putri

Editor
TERKAIT DENGAN INI
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU