The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

COVID-19 Mengamuk, Wanita Hamil Dinilai Berisiko Tinggi Alami Komplikasi Akibat Corona
Ilustrasi wanita hamil. (Freepik)
Health

COVID-19 Mengamuk, Wanita Hamil Dinilai Berisiko Tinggi Alami Komplikasi Akibat Corona

Rabu, 15 Juni 2022 18:05 WIB 15 Juni 2022, 18:05 WIB

INDOZONE.ID - COVID-19 kembali mengamuk di sejumlah negara, termasuk Indonesia.  Kasus COVID-19 di Indonesia meningkat disebut karena subvarian Omicron BA.4 dan BA.5.

Di tengah lonjakan kembali kasus COVID-19, wanita hamil diklaim memiliki risiko lebih tinggi mengalami komplikasi medis dan menyebabkan kematian akibat COVID-19, menurut sebuah studi baru.

Dilansir VOA, para peneliti berpendapat bahwa memvaksin wanita hamil menjadi prioritas di seluruh negara, karena sampai saat ini sebagian besar negara belum merekomendasikan vaksin COVID-19 bagi wanita hamil.

Berbagai penelitian banyak yang menunjukkan bahwa COVID-19 lebih berbahaya bagi wanita hamil daripada mereka yang tidak hamil.

Dalam studi yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Infectious Diseases, Nachega dan rekan-rekannya dari jaringan penelitian AFREhealth menganalisis catatan kesehatan dari 1.315 wanita yang dirawat di rumah sakit di enam negara di Afrika sub-Sahara antara Maret 2020 dan Maret 2021.

Baca juga: Studi Sebut Corona Bisa Pengaruhi Wanita Hamil dengan Kelahiran Prematur hingga Hipertensi

Sepertiga dari jumlah wanita itu sedang hamil dan dinyatakan positif COVID-19. Sepertiga lainnya hamil dan dites negatif, dan sepertiga lainnya tidak hamil dan dites positif.

Para peneliti menguji bagaimana kehamilan, infeksi virus corona, dan kondisi seperti HIV, TB, malaria, dan anemia sel sabit memengaruhi kemungkinan wanita terkena penyakit parah atau kematian.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa wanita hamil yang dirawat di rumah sakit di sub-Sahara Afrika lima kali lebih mungkin meninggal di rumah sakit bagi mereka yang positif COVID-19.

Menurut peneliti, kehamilan dua kali lipat kemungkinan membuat seorang wanita yang dirawat di rumah sakit karena COVID-19 akan meninggal.

"Kami memilikinya dalam dua cara: kehamilan berdampak pada COVID, dan COVID berdampak pada wanita hamil," kata Nachega ahli epidemiologi penyakit menular di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Pittsburgh dan penulis utama studi baru tersebut.

Wanita hamil dengan COVID-19 juga berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi serius yang membutuhkan perawatan intensif.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa vaksin COVID-19 aman dan efektif selama kehamilan, dan 110 negara merekomendasikan vaksinasi COVID-19 untuk beberapa atau semua wanita hamil.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Fitri
Fitri
Writer
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US