The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kabar Baik! Sinovac Bakal Rilis Vaksin Ampuh Lawan Omicron Bulan Depan
Ilustrasi vaksin Sinovac (Unsplash/Hakan Nural)
Health

Kabar Baik! Sinovac Bakal Rilis Vaksin Ampuh Lawan Omicron Bulan Depan

Senin, 17 Januari 2022 09:00 WIB 17 Januari 2022, 09:00 WIB

INDOZONE.ID - Di tengah mengganasnya virus COVID-19 varian Omicron , perusahaan vaksin Sinovac Biotech mengkonfirmasi sedang mengerjakan vaksin yang digadang-gadang ampuh melawan varian ini.

Kabar baik tersebut disampaikan langsung oleh Vice President Sinovac Biotech (Hong Kong) Ltd, Weining Meg dalam Webinar Indonesia Congress Symposium on Combating COVID_19 Pandemic without Boundaries beberapa waktu lalu. 

Ia mengatakan terkait dengan varian Omicron pihaknya sedang bekerja keras untuk menghasilkan vaksin yang bisa melawan varian yang pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan itu.

"Kami sudah memiliki beberapa update. Data baru akan tersedia segera. Sebagai developer vaksin kami ini adalah tugas kami untuk memberikan solusi bagi masyarakat," ucapnya, seperti yang dikutip Indozone, Senin (17/1/2022).

Ia melanjutkan vaksin yang dikerjakan tersebut nantinya akan menjadi booster vaksin CoronaVac. Di mana pendistribusiannya sendiri akan dimulai pada akhir Februari 2022.


"Kami sedang menanti hasil uji klinis pada Februari mendatang, dan vaksin dalam jumlah besar secara komersial akan siap didistribusikan pada akhir Februari," sambungnya.

Ia juga mengaku sangat optimistis booster vaksin tersebut dapat memberikan peran yang signifikan untuk mengakhiri penularan COVID-19 varian omicron di dunia.


Sebelumnya, berdasarkan penelitian awal yang dilakukan di University of Hong Kong, tiga dosis vaksin Sinovac tidak ampuh melawan varian Omicron karena tidak menghasilkan antibodi penetral virus yang cukup.

Setelah hasil penelitian itu diumumkan, Sinovac pun merilis penelitian tiga dosis vaksin untuk melawan Omicron. Hasilnya, dosis ketiga disebut 'efektif dalam meningkatkan penetralan melawan strain Omicron.

Disebut 94% penerima tiga dosis Sinovac menghasilkan antibodi penetralisir yang cukup. Namun perusahaan tidak merinci tingkat antibodi seperti apa yang dihasilkan oleh tiga dosis Sinovac.
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Anisa Rizwani
JOIN US
JOIN US