The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kemenkes Menegaskan Pentingnya Pemeriksaan Dini  Kanker Hati
Ilustrasi hati. (Unsplash)
Health

Kemenkes Menegaskan Pentingnya Pemeriksaan Dini Kanker Hati

Selasa, 28 September 2021 15:46 WIB 28 September 2021, 15:46 WIB

INDOZONE.ID - Kementerian Kesehatan tegaskan kepada masyarakat  penting untuk melakukan pemeriksaan dini guna menanggulangi kanker hati agar lebih mudah diobati & memperbesar peluang untuk sembuh.

Itu karena, sebagian besar penderita mengetahui penyakitnya usai memasuki stadium lanjut sehingga sulit diobati & memakan biaya besar.

"Semakin dini penyakit ini ditemukan, maka peluang pasien untuk sembuh pun semakin besar," kata Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan, Abdul Kadir, Selasa (28/9), mengutip Antara.

Abdul menyebut, kanker hati yang lebih banyak terjadi pada pria sering terjadi tanpa diketahui karena tidak ada gejala khas, itu yang menyebabkan sebagian besar penderita baru memeriksakan diri ketika penyakitnya telah memburuk. 

Saat ini, penderita kanker di Indonesia mencapai 0,13 persen dari jumlah penduduk.

"Pada laki-laki di Indonesia, kanker paru ada di peringkat terbanyak sebesar 2,31 persen, kemudian kanker nasofaring, kanker hati di urutan ketiga terbanyak dengan 1,54 persen," ujarnya.

Berdasarkan data BPJS Kesehatan, kanker adalah penyakit dengan pembiayaan besar dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2020, kanker adalah penyakit di urutan kedua dalam segi beban pembiayaan yang mencapai Rp3,5 triliun.

Dengan kebijakan serta tata laksana yang optimal, dia berharap masyarakat semakin memahami pentingnya pemeriksaan dini kanker hati demi mencegah keterpurukan ekonomi yang berkepanjangan.

"Dengan semakin meningkatnya kasus kanker Indonesia maka penanggulangan kanker harus dilakukan secara komprehensif, mulai dari preventif, deteksi dini, skrining, diagnosis, terapi serta rehabilitasi paliatif," katanya.

Kemenkes terus berusaha memenuhi sumber daya pelayanan kesehatan lewat SDM, sarana prasarana, peralatan kesehatan & obat-obatan. Namun juga pentingnya kerjasama & kolaborasi serta dukungan dari organisasi profesi hingga lembaga swadaya masyarakat agar masyarakat lebih peduli & berperan aktif dalam penanganan kanker yang efektif.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Silvia Marissa
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US