The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Indonesia sedang Kembangkan Vaksin Etana, Sudah Memasuki Fase Ketiga
Koordinator Satgas Covid-19 Sufmi Dasco Ahmad tinjau kantor PT Etana Biotechnologies Indonesia (Dok. DPR RI)
Health

Indonesia sedang Kembangkan Vaksin Etana, Sudah Memasuki Fase Ketiga

Ini penjelasan Wakil Ketua DPR RI.

Sabtu, 07 Agustus 2021 08:47 WIB 07 Agustus 2021, 08:47 WIB

INDOZONE.ID - Wakil Ketua DPR RI sekaligus Koordinator Satgas Covid-19 Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, Indonesia akan mengembangkan vaksin Etana yang dilakukan oleh PT Etana Biotechnologies Indonesia.

Dasco berujar, pengembangan vaksin kini sudah memasuki uji fase ketiga sebelum nantinya akan diproduksi secara lokal untuk masyarakat Indonesia. Hal tersebut disampaikannya usai Satuan tugas Covid-19 DPR RI melakukan peninjauan ke PT Etana Biotechnologies Indonesia (Etana) di kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur, Jumat (6/8/2021).

"Sebentar lagi dari pabrik ini ada Etana Vaksin yang juga dikembangkan secara biologi. Saat ini akan memasuki uji fase ketiga yang nantinya bisa membantu proses penyebaran vaksinasi atau kebutuhan vaksin di Indonesia," ujar Dasco dalam keterangannya dikutip Sabtu (7/8/2021).

Ia menambahkan, vaksin tersebut nantinya dapat disimpan pada suhu 2-8 derajat Celcius sehingga mudah disimpan di kulkas umum. Uji klinik vaksin diharapkan dapat dilakukan akhir tahun di Indonesia.

Baca Juga: Dipercaya Jadi Obat Kuat, Ini Fakta dari Pemakaian Tisu Magic, Bahaya Efek Sampingnya!

Politisi Partai Gerindra itu berharap, vaksin yang diproduksi PT Etana akan dapat membantu menekan angka kasus Covid-19 di tanah air.

"Ini cukup akan membantu menekan laju Covid-19 di Indonesia," harapnya.

Selain vaksin, lanjut Dasco, Satgas Covid-19 juga melihat perkembangan beberapa produk obat-obatan bioteknologi yang dapat memudahkan masyarakat untuk mengatasi sejumlah penyakit. Salah satunya adalah obat untuk pasien cuci darah.

"Jadi dengan obat itu bisa tidak pakai transfusi darah waktu cuci darah, dan ada juga beberapa obat-obatan untuk kanker dan lain-lain. Saya pikir masa depan bioteknologi, obat-obatan ini masa depan yang cerah di Indonesia," tutup Dasco.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
M Fadli
Harits Tryan Akhmad
JOIN US
JOIN US