The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bertambah! Hepatitis Misterius Meningkat Jadi 650 Kasus dan Telah Menyebar ke 33 Negara
Ilustrasi anak sakit. (Freepik)
Health

Bertambah! Hepatitis Misterius Meningkat Jadi 650 Kasus dan Telah Menyebar ke 33 Negara

Sabtu, 28 Mei 2022 12:00 WIB 28 Mei 2022, 12:00 WIB

INDOZONE.ID - Hepatitis misterius yang telah menyebar hampir ke seluruh dunia dilaporkan meningkat. Pada hari Jum'at (27/5/2022) Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat 650 kasus hepatitis akut yang telah menyebar di 33 negara.

WHO sendiri belum mengetahui penyebab hepatitis akut tersebut. WHO juga mengatakan bahwa kasus tersebut bisa lebih parah secara klinis dan proporsi yang lebih tinggi berkembang menjadi gagal hati akut.

Dilansir Fox, 216 kasus dilaporkan dari Amerika Serikat, 222 dari Inggris, dan jumlah kasus yang tersisa dilaporkan dari Kanada, Demark, Prancis, Spanyol, dan negara-negara lain.

Sementara itu, 38 kasus hepatitis misterius memerlukan transplantasi hati dan sembilan telah mengakibatkan kematian, menurut WHO.

Baca juga: RSCM Pastikan Hepatitis Akut Tak Ada Kaitannya dengan Virus COVID-19, Ini Temuannya

Itu artinya, penularan penyakit hepatitis akut dari manusia ke manusia tidak dapat dikesampingkan.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) hepatitis merupakan peradangan hati yang sering disebabkan oleh virus seperti hepatitis A, B, C, D dan E.

Namun, kasus hepatitis misterius yang baru-baru ini menghebohkan dunia masih belum diketahui apa penyebab pastinya. CDC yang telah melakukan penyelidikan mengenai kasus hepatitis akut pekan lalu menambahkan bahwa Adenovirus terdeteksi di hampir setengah dari anak-anak dan terus menjadi petunjuk yang kuat bahwa hepatitis akut disebabkan oleh Adenovirus.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Fitri
M Fadli

M Fadli

Editor
Fitri

Fitri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US