The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Langka! Wanita Ini Berhasil Sembuh dari Kanker dan 12 Tumor secara Ajaib
Ilustrasi pasien kanker. (FREEPIK)
Health

Langka! Wanita Ini Berhasil Sembuh dari Kanker dan 12 Tumor secara Ajaib

Sabtu, 05 November 2022 18:00 WIB 05 November 2022, 18:00 WIB

INDOZONE.ID - Kasus langka dialami seorang wanita asal Spanyol, di mana dia dilaporkan selamat dari 12 tumor dan kanker secara ajaib.

Pasien berusia 40 tahun yang tidak disebutkan namanya itu awalnya didiagnosa tumor pertamanya ketika masih balita.

Setiap beberapa tahun tumornya terus berkembang, lima di antara tumor yang diidapnya ditemukan bersifat kanker.

Baca juga: Air Fryer, Alat Masak Populer Dikalangan Milenial Diklaim Bisa Picu Kanker, Benarkah?

Dilansir News.com.au, masing-masing tumor yang diidapnya telah mempengaruhi bagian tubuhnya, kata para ilmuwan yang menangani kasus ini.

Para peneliti menemukan tumor wanita itu berasal dari fakta bahwa dia mewarisi mutasi genetik tertentu dari kedua orang tuanya.

Para peneliti menemukan sistem kekebalan wanita itu secara alami menghasilkan  respons anti-inflamasi yang kuat yang melawan tumor.

"Kami masih tidak mengerti bagaimana individu ini bisa berkembang selama tahap embrio, juga tidak bisa mengatasi semua patologi ini," kata Profesor Marcos Malumbres, dari Pusat Penelitian Kanker Nasional Spanyol (CNIO) di Madrid.

Dia menambahkan bahwa kasus ini membuka jalan bagi dokter untuk mengidentifikasi sel-sel dalam tubuh yang dapat berubah menjadi tumor, jauh sebelum tes klinis.

"Ini juga menyediakan cara baru untuk merangsang respon imun terhadap proses kanker," katanya.

Ketika pasien pertama kali tiba di klinik CNIO, sampel darah diambil untuk menganalisis gen yang paling sering dikaitkan dengan kanker keturunan, tapi  tidak ditemukan sebagaimana yang diinginkan.

Para ilmuwan kemudian menganalisis seluruh genom wanita itu dan menemukan mutasi pada gen yang disebut MAD1L1, yang penting dalam proses pembelahan dan proliferasi sel.

Mereka melihat efek dari mutasi ini dan menemukan bahwa mereka dapat mengubah jumlah kromosom dalam sel.

Tim peneliti terkejut menemukan wanita itu memiliki mutasi di kedua salinan tetapi selamat.

Menulis di jurnal Science Advances, rekan penulis studi tersebut, Miguel Urioste, yang mengepalai Unit Klinis Kanker Keluarga CNIO hingga pensiun pada Januari, mengatakan tidak ada kasus lain seperti ini yang pernah dia lihat sebelumnya.

Baca juga: Waspadai Infeksi HPV, Bisa Sebabkan Kanker Penis Pada Pria

Para ilmuwan tertarik untuk menemukan bahwa lima kanker agresif yang didiagnosis pada pasien menghilang dengan relatif mudah.

Mereka menyarankan bahwa produksi sel yang berubah secara konstan telah menghasilkan respons defensif kronis pada pasien terhadap sel-sel ini, dan itu membantu tumor menghilang.

Para peneliti berharap temuan mereka akan membuka potensi pilihan pengobatan baru di masa depan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Fitri
Fitri
Writer
JOIN US
JOIN US