Menahan Bersin Berisiko Pecahnya Faring
Ilustrasi/Pexels
Health

Menahan Bersin Berisiko Pecahnya Faring

Senin, 02 Desember 2019 15:51 WIB 02 Desember 2019, 15:51 WIB

INDOZONE.ID - Dengan alasan menjaga kesopanan di tempat umum, membuat banyak di antara kita yang menahan bersin. Padahal menahan bersin tidak baik untuk kesehatan, karena dapat berisiko terkena kondisi medis yang langka.

Peristiwa ini sempat dialami pria di Inggris yang menahan bersinnya dengan  menutup mulutnya dan mencubit hidungnya. Selang beberapa waktu pria tersebut merasakan tenggorokan dan lehernya mulai membengkak bahkan ia kesulitan menelan dan berbicara.

Hal tersebut membuatnya harus dirawat di rumah sakit dan diberi alat bantu tabung nasogastrik.

Bersin sendiri merupakan upaya menyingkirkan alergen seperti serangga atau debu dari hidung. Kuatnya bersin tergantung pada ukuran hidung dan kapasitas paru-paru, dengan kecepatan mencapai lebih dari 100 km per jam.

Sehingga saat menahan bersin dapat menyebabkan kerusakan yang tidak terduga. Misalnya pecahnya faring spontan, seperti yang dialami pria Inggris tersebut.

Bersin ditahan juga akan membuat tenggorokan pecah sehingga meninggalkan gelembung udara di jaringan lunak leher dan dada.

Sudah tahukan risiko saat menahan bersin, sebaiknya jangan lakukan  hal ini lagi, kamu bisa kok atasi bersin dengan menggunakan tisu dan segera mencuci tangan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fitri
Fitri

Fitri

Editor
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU