The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ibu Terinfeksi Covid-19 Tetap Bisa Menyusui, Begini Saran WHO
Ilustrasi ibu menyusui. (Unsplash/@sickhews)
Health

Ibu Terinfeksi Covid-19 Tetap Bisa Menyusui, Begini Saran WHO

Perhatikan hal ini.

Senin, 23 Maret 2020 16:14 WIB 23 Maret 2020, 16:14 WIB

INDOZONE.ID - Paparan virus corona yang umumnya terjadi menyerang daya tahan tubuh atau imunitas seseorang tak terkecuali, bayi, ibu hamil, lansia, anak-anak dan ibu menyusui. Bila ditelusuri ibu menyusui masuk dalam kategori berbahaya dan rentan terinfeksi virus covid-19.

Badan organisasi kesehatan dunia (WHO) menyarankan bagi ibu menyusui untuk mengikuti langkah-langkah keamanan yang telah disetuju sejumlah ahli.  

ilustrasi
Ilustrasi (freepik)

Apa Saja Langkahnya?

  1. Ibu menyusui diimbau untuk selalu memerhatikan kebersihan diri, lingkungan dan pastinya bayi. Gunakan masker di setiap kesempatan termasuk saat berinteraksi dengan bayi (menyusui).

  2. Cucilah tangan saat hendak berinteraksi dengan bayi. Gunakan sabun antiseptik sebelum dan sesudah memegang bayi.

  3. Pastikan seluruh rumah, seperti sudut ruangan, peralatan dan fasilitas penunjang rumah lainnya dalam keadaan steril. Jangan lupa untuk rutin mencuci, mengelap dan membersihkan kursi, meja, lantai secara rutin dengan cairan disinfektan.

  4. Bagi ibu yang dalam kondisi kurang sehat dan tidak siap untuk menyusui bisa memberikan ASI melalui memeras atau pumping. Sebelum melakukan pumping, bersihkan payudara menggunakan handuk dan air hangat. Kemudian lakukan pumping seperti biasa, taruh dalam botol atau plastik penyimpan ASI.

  5. Bila ingin diberikan pada bayi, keluarkan ASI dari lemari pendingin. Kemudian rendam ASI menggunakan air hangat agar cair. Kamu juga bisa melakukan relaktasi. Relaktasi merupakan proses menyusui kembali setelah beberapa waktu tidak menyusui. Skin to skin disinyalir sebagai salah satu cara terbaik untuk melakukan relaktasi.

  6. Dan yang terakhir donor ASI, langkah ini merupakan pilihan terakhir. Sebelum melakukan proses menyusui dari donor ASI, kamu harus sudah memahami prosedur dan tahapannya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Utami Evi Riyani
Syarifah Noer Aulia
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US