The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Rambutmu Rontok Berlebihan? Ketahui, Ini 5 Penyebabnya
photo/herworld.com
Health

Rambutmu Rontok Berlebihan? Ketahui, Ini 5 Penyebabnya

Sabtu, 24 Agustus 2019 14:24 WIB 24 Agustus 2019, 14:24 WIB

INDOZONE.ID - Penampilan menarik tidak hanya karena dari fisik dan rupa yang terawat, tapi juga soal kesehatan rambut. Bagi kebanyakan orang, rambut rontok mungkin terdengar sepele dan sering dihiraukan. Tapi, masalah ini jangan dianggap biasa loh. Jika dibiarkan terus-menerus, rambut rontok yang berlebihan bisa mengakibatkan kebotakan rambut.

Rambut rontok bisa disebabkan karena beberapa hal seperti faktor genetik, terapi pengobatan tertentu, terlalu sering pergi ke salon, dan sebagainya. Namun selain itu, ada faktor lain yang menyebabkan rambutmu rontok berlebihan.

Apa saja ya? Nah, dirangkum Indozone dari berbagai sumber (Sabtu, 24/8), berikut ini 5 penyebab rambut sering rontok:

1. Sisir Rambut dalam Kondisi Basah

Rambut rontok
photo/metropoles.com

Perlu diperhatikan, jika rambut masih basah setelah keramas, sebaiknya tunggu rambut hingga dirasa cukup kering. Sebab, menyisir rambut dalam kondisi basah justru membuat rambut rontok lebih parah. Kalau tidak sabar menunggu rambut kering, kamu bisa menggunakan sisir bergigi jarang supaya rambut rontok tidak terlalu banyak.

2. Ikatan Rambut Terlalu Kencang

Hair Loss
photo/herworld.com

Mengikat rambut terlalu kencang bisa mengakibatkan folikel rambut menjadi tegang. Folikel adalah struktur kulit yang berfungsi untuk menumbuhkan rambut. Tegangnya folikel rambut bisa membuat alopesia areata yaitu suatu penyakit autoimun yang menyerang kulit kepala ataupun bagian kulit tubuh lain. Alopesia areata disebut juga dengan kebotakan permanen.

3. Pengaruh Hormon DHT

Hair Loss
photo/jethair.com.br

Rambut rontok bisa dialami pada fase-fase tertentu, misalnya ketika memasuki masa pubertas dan fase menopause. Dalam hal ini, pengaruh hormon dihidrotestoteron (DHT) yang terdapat pada kelenjar folikel rambut bisa menyebabkan kerontokan berlebihan, baik pada pria maupun wanita.

4. Salah Penggunaan Sampo

Hair loss
photo/aia.com.my

Kondisi kulit kepala dan rambut setiap orang berbeda-beda. Karena itu juga, setiap orang harus tau sampo yang tepat untuk kulit kepalanya. Salah penggunaan sampo tidak cuma berisiko menimbulkan ketombe dan rambut rusak, tapi bisa berujung pada kerontokan rambut berlebihan.

5. Mengonsumsi Obat-obat Tertentu

Hair Loss
photo/motherandbaby.co.uk

Bagi kamu yang sedang menjalani pengobatan atau mengonsumsi obat-obatan tertentu, kondisi tersebut bisa menjadi penyebab rambut rontok berlebihan. Sebaiknya, lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui efek samping dari obat-obatan yang dikonsumsi.

TAG
Indozone
Rizka
Rizka

Rizka

Writer
Rizka

Rizka

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US