Merasa Gelisah Saat Lihat Badut? Mungkin Kamu Kena Gejala Coulrophobia
photo/Ilustrasi/Unsplash/@rzunikoff
Health

Merasa Gelisah Saat Lihat Badut? Mungkin Kamu Kena Gejala Coulrophobia

Sabtu, 07 September 2019 20:28 WIB 07 September 2019, 20:28 WIB

INDOZONE.ID - Coulrophia adalah phobia dengan rasa takut yang berlebihan dan terus menerus ketika berhadapan dengan badut.

Sebagaimana dilansir dari The Sun, phobia ada beberapa gejala yang akan ditunjukkan seseorang dengan Coulrophia. Ini selengkapnya!

1. Gelisah atau cemas
2. Berkeringat lebih atau dingin
3. Pusing, gemetar, dan detak jantung meningkat
4. Mual
5. Takut akan kematian
6. Sesak napas
7. Rasa tidak nyata


Faktor penyebab

Selain itu, dr Melanie Phelps, seorang psikolog, mengatakan ada juga beberapa faktor seseorang bisa mengalami Coulrophobia. Salah satunya karena sejak kecil kita mengenal tampilan orang-orang sekitar dan melihat mereka dengan wajah manusia yang aman dan ramah.

"Badut memiliki fitur yang tidak alami, besar, berlebihan dan terdistorsi. Karenanya tidak cocok dengan pola 'aman, ramah manusia' yang telah kita buat dalam pikiran kita," ujarnya.

Dengan tampilan riasan wajah badut latar putih, bibir merah lebar, dan ekspresi yang terkesan berlebihan dianggap menutupi kondisi emosional yang sebenarnya.

Maka dari itu, ada sejumlah orang yang akhirnya merasa terancam, takut, dan panik karena tidak bisa melihat emosi sebenarnya dari orang di balik topeng badut itu.

TAG
Indozone
Zal
Zal

Zal

Writer
Zal

Zal

Reporter
JOIN US