The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

 5 Buah yang Mengandung Vitamin D, Bisa Kurangi Berbagai Risiko Penyakit!
Ilustrasi buah yang mengandung vitamin D (freepik.com)
Health

5 Buah yang Mengandung Vitamin D, Bisa Kurangi Berbagai Risiko Penyakit!

Vitamin D menjaga kekebalan tubuh

Selasa, 02 Agustus 2022 17:52 WIB 02 Agustus 2022, 17:52 WIB

INDOZONE.ID - Vitamin D adalah salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Fungsi vitamin ini adalah untuk menjaga pertumbuhan sel agar tetap optimal. Selain itu, vitamin D juga berfungsi untuk perkembangan otak. 

Tak hanya itu, vitamin D juga dapat menjadi asupan untuk menjaga kekebalan tubuh, sehingga kemampuan tubuh dapat menyerap kalsium dengan baik dan tulang tetap sehat. 

Untuk mendapatkan asupan vitamin D, berbagai cara dapat dilakukan, mulai dari berjemur hingga mengonsumsi asupan vitamin. Namun, mengonsumsi buah, dapat menjadi cara yang cukup efektif. Berikut ini buah yang mengandung vitamin D. 

Buah dengan Kandungan Vitamin D 

buah yang mengandung vitamin D
Buah kiwi, salah satu buah yang mengandung vitamin D (freepik.com)

Dengan mengonsumsi buah yang mengandung vitamin D, kamu tak hanya akan mendapatkan manfaat dari kandungan vitamin D, tetapi juga akan mendapatkan manfaat dari kandungan lainnya yang terdapat dalam buah tersebut. Berikut ini buah yang mengandung vitamin D. 

1. Kiwi 

Kiwi adalah buah yang kaya akan berbagai vitamin, termasuk vitamin D. Dilansir dari pyfahealth, sebuah penelitian menemukan bahwa kiwi bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, meningkatkan imun tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, serta mengurangi risiko berbagai penyakit. 

Kiwi juga mengandung  vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin K, kalium, asam folat, kalsium, serat, dan antioksidan.

2. Leci 

Buah yang mengandung vitamin D kedua adalah leci. Kandungan vitamin D dalam leci dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang, meningkatkan sistem imun, mengatasi sembelit, menyehatkan jantung, dan mencegah risiko kanker. 

Selain vitamin D, leci juga mengandung vitamin A, vitamin C, serat, vitamin B12, kalium, natrium, dan kalsium.

3. Mangga 

Mangga merupakan buah yang mengandung vitamin D dan jika dikonsumsi akan bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, meningkatkan imun tubuh, menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan kulit dan rambut, serta mencegah risiko anemia.

Tak hanya mengandung vitamin D, mangga juga mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, serta vitamin K.

4. Jambu Biji 

Kandungan vitamin D yang ada pada jambu biji mampu untuk meningkatkan imun tubuh, menjaga kesehatan mata, melindungi tubuh dari radikal bebas, serta melancarkan pencernaan. 

Buah yang mengandung vitamin D ini juga memiliki kandungan lainnya, yaitu erat, protein, vitamin C, vitamin A, zat besi, magnesium, kalium, serta antioksidan.

5. Cranberry 

Cranberry adalah buah yang mengandung vitamin D dan termasuk jenis buah beri yang memiliki antioksidan tinggi. 

Kandungan vitamin D dalam cranberry mampu untuk menjaga kesehatan gigi, mengontrol berat badan, mencegah risiko infeksi saluran kemih, membantu meningkatkan fungsi otak, dan mencegah kanker. 

Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Vitamin D 

buah yang mengandung vitamin d
Vitamin D memberi perlindungan terhadap jantung (freepik.com)

Pada dasarnya, vitamin D merupakan asupan harian yang harus tercukupi. Ini karena vitamin D dapat menghindarkan tubuh dari risiko masalah kesehatan yang mungkin terjadi karena defisiensi vitamin D. 

Dilansir dari halodoc, sebuah penelitian menyebutkan bahwa terdapat hubungan antara defisiensi vitamin D dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. Ini diduga karena vitamin D memiliki efek perlindungan terhadap jantung dan memiliki manfaat sebagai antiinflamasi. 

Di sisi lain, dalam studi lainnya, disebutkan bahwa rendahnya asupan vitamin D dapat berakibat pada  hipertensi dan sindrom metabolik. 

Jadi, jika seseorang kekurangan vitamin D akan memicu berbagai dampak negatif, seperti masalah pertumbuhan, rentan infeksi, mudah mengalami perubahan emosi dan suasana hati, tumbuh gigi yang lambat, hingga otot jantung melemah. 

Oleh karenanya, penuhilah kebutuhan vitamin D dalam tubuh dengan mengonsumsi buah maupun asupan lainnya yang memiliki kandungan vitamin D. Berjemur di pagi hari, tepatnya pukul 10 pagi juga berguna untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Ainal Zahra Nabila

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US